Wisata alam di Malang benar-benar tidak ada habisnya. Letak geografis daerah ini memang benar-benar menguntungkan untuk dieksplorasi menjadi wahana wisata. Dari segi ketinggian, Malang adalah daerah tertinggi di Jawa Timur, dengan Bromo, Semeru, Arjuno, dan Raung yang mengelilinginya. Sementara di selatan, berjajar pantai eksotis yang akan memanjakan mata pengunjung. Ingin bertamasya bersama keluarga? Berikut ini wahana alam di Malang yang bisa dikunjungi.

Wisata Alam Terbaru di Malang

Sumber Sirah

wisata alam di malang

Sumber yang satu ini baru tergolong tempat wisata baru. Akan tetapi keindahan panoramanya sudah sangat populer. Wisata alam di Malang satu ini terletak di kecamatan Gondanglegi, kabupaten Malang bagian selatan. Saat berkunjung ke tempat ini, siap-siap untuk menyaksikan aliran sungai yang benar-benar jernih.

Saking jernihnya, pengunjung bisa melihat menembus ke dasar sungai. Kebersihan tempat wisata ini membuatnya sering menjadi objek fotografi di bawah air. Sumber Sirah buka mulai pukul 6 pagi hingga 5 sore. Biaya masuknya benar-benar murah, yaitu 1000 rupiah saja.

Baca Juga :

Omah Kayu

wisata alam di malang

Wisata Omah Kayu terletak di daerah Batu, tepatnya di kecamatan Bumiaji. Saat berkunjung ke sini, pengunjung akan dimanjakan dengan panorama Batu dari ketinggian beratus-ratus meter. Cukup dengan membayar biaya masuk senilai 5000 rupiah, pengunjung bisa masuk ke Omah Kayu dan berdiam di sana hingga berjam-jam. Tetapi untuk jumlah pengunjung, pihak pengelola Omah Kayu membatasi jumlah maksimal 4 orang per kunjungan. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko Omah Kayu keberatan muatan.

Batu Bengkung

wisata alam di malang

Pantai satu ini mulai laris manis beberapa tahun terakhir. Pantai ini terletak di daerah Gedangan, kabupaten Malang. Saat berkunjung ke sini, wisatawan akan terpukau dengan kejernihan pasir pantai, serta hijaunya warna air laut di siang hari. Selain itu, pantai Batu Bengkung juga dikelilingi tebing tinggi. Jika pengunjung ingin menikmati indahnya pantai dari ketinggian, maka pengunjung bisa naik ke tebing ini.

Pantai Batu Bengkung juga terkenal karena keindahan sunsetnya. Apalagi jika sunset itu dinikmati di atas tebing. Hal inilah yang menjadikan pengunjung pantai membludak di sore hari. Untuk masuk ke Batu Bengkung, pengunjung hanya perlu membayar sebesar 5000 rupiah. Murah kan?

Wisata Air di Malang

Sumber Maron

Dulunya, Sumber Maron hanya sebatas air terjun unik di tengah sawah, dengan batu-batu kecil berserakan di balik aliran air terjunnya. Setelah mengalami renovasi besar-besaran selama beberapa tahun, kini Sumber Maron berubah menjadi wisata alam di Malang yang sangat cantik.

Kelebihan utama Sumber Maron terletak pada aliran airnya yang jernih dan dangkal. Selain itu, letaknya yang berteras-teras menambah keunikan wisata alam satu ini. Untuk masuk, pengunjung hanya perlu membayar sebesar 3000 rupiah. Akan tetapi jika pengunjung datang bersama warga setempat, biasanya akan digratiskan.

Sumber Taman

Wisata alam di Malang satu ini terletak sangat berdekatan dengan Sumber Maron. Hanya berjarak sekitar satu kilometer saja. Sumber Taman terletak di perbatasan desa Karangsuko dan Brongkal, kecamatan Pagelaran, kabupaten Malang. Bagi pengunjung yang menyukai meditasi, maka tempat ini wajib dimasukkan dalam daftar kunjungan liburan.

Sumber Taman adalah sebuah telaga yang mengalirkan air ke sungai-sungai di sekitarnya. Telaga ini dikelilingi oleh pepohonan berumur ribuan tahun. Meski sudah sangat tua, pohon-pohon tersebut berdaun lebat. Bahkan konon, air yang berada di telaga tersebut mengalir dari batang pohon-pohon di sekitarnya.

Sumber Taman tidak punya batas waktu tutup. Mengenai biaya masuk, pengunjung yang membawa mobil dikenakan biaya sebesar 3000 rupiah.

Panderman

Ingin merasakan sejuknya piknik di pegunungan bersama keluarga? Panderman bisa dijadikan pilihan. Kawasan wisata Panderman terletak di Toyomerto, Batu. Puncak tertinggi kawasan ini adalah gunung Panderman, yang tingginya mencapai 2045 meter di atas laut. Cocok untuk wisatawan yang ingin merasakan sensasi mendaki gunung tapi tidak terlalu tinggi.

Selain gunung, wisata alam di Malang yang satu ini dikelilingi wisata-wisata lainnya yang bisa dikunjungi. Seperti taman bunga, kebun teh, dan banyak lagi.

Air Terjun di Malang

Coban Rondo

Wisata alam di Malang satu ini sangat cocok dijadikan tempat rekreasi keluarga. Landscapenya luas, dengan berbagai panorama yang indah dan lengkap. Saat datang ke Coban Rondo, pengunjung bisa menemukan berbagai pemandangan, mulai dari hutan, jurang, gunung, hingga perairan jernih. Berbagai macam spesies burung juga bisa disaksikan di sini.

Puncak dari segala keindahan ini terletak di kawasan air terjun Coban Rondo. Di kawasan air terjun ini, pengunjung akan disuguhi keindahan air terjun yang mengalir di antara tebing putih. Di antara tempat lain di Malang, Coban Rondo-lah tempat yang paling populer untuk dijadikan arena piknik.

Paralayang

Wisata alam di Malang satu ini terletak di desa wisata Songgokerto. Sebenarnya jika dilihat sekilas, tempat wisata ini tampak biasa saja. Tapi apa yang menjadikannya tempat wisata paling populer di Malang Raya? Tempat wisata di Malang yang paling sering dijadikan tempat syuting film?

Paralayang menawarkan wahana yang tidak ditawarkan di tempat mana pun di Malang. Wahana ini adalah wahana bermain paragliding. Selain itu saat malam hari, Paralayang punya pemandangan malam hari yang luar biasa indah. Posisinya yang terletak di puncak tertinggi kota Batu membuat seluruh aktivitas di bawahnya tampak seperti ratusan bintang yang berkelip.

Kebun Teh Wonosari

Satu lagi yang tidak bisa ditinggalkan dari kota Batu, Malang, adalah kebun teh Wonosari. Kebun ini terletak di daerah Lawang, Malang bagian utara. Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat keluarga berpiknik, atau sekadar jalan-jalan sambil menyaksikan proses memetik teh. Meski dinamai kebun teh Wonosari, wisata satu ini punya banyak wahana lain di dalam. Beberapa di antaranya yakni taman bunga, pegunungan, pos pantau, hingga wall climbing.

Saat berkunjung ke sini, ada enam paket wisata yang ditawarkan pengelola. Paket pertama seharga 38 ribu per orang, dengan fasilitas pemandu, makanan ringan, dan teh. Paket kedua seharga 50 ribu dengan makan siang sebagai fasilitas tambahan. Semakin tinggi paket yang dipilih, fasilitas yang didapat semakin banyak. Misalnya seperti kolam renang, wall climbing, kereta kelinci, hingga outbond menakjubkan lainnya.

Kusuma Agrowisata

Siapapun tahu bahwa salah satu julukan yang disematkan ke Malang Raya – terutama Batu – adalah “Kota Apel”. Julukan ini sangat masuk akal, mengingat Malang adalah produsen apel terbaik sekaligus terbanyak di Indonesia. Salah satu tempat wisata apel yang terkenal di Malang adalah Kusuma Agrowisata.

Kusuma Agrowisata terletak di Ngaglik, Batu. Saat berkunjung ke sini, wisatawan beserta keluarganya bisa menikmati sensasi piknik sambil memetik apel. Yang paling menyenangkan, wisatawan bebas memetik dan memakan sebanyak mungkin apel selama di dalam tempat wisata. Jika ingin membawa pulang, wisatawan bisa membelinya dengan harga yang jauh lebih murah dibanding toko-toko buah di luar tempat wisata. Selain apel, ada banyak buah lain yang bisa dinikmati pengunjung. Misalnya buah naga, stroberi, jambu, dan jeruk.

Butuh Transportasi Untuk wisata? Indolora menyediakan sewa mobil malang murah

Demikianlah 10 tempat wisata alam di Malang yang paling wajib dikunjungi. Terutama di saat liburan. Jangan sia-siakan kesempatan berlibur bersama keluarga di tempat-tempat menakjubkan di atas.

Indolora travel: travel juanda malang

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *