Air Terjun di Batu Malang – Wisata alam masih menjadi favorit wisata masyarakat Indonesia. selain biayanya yang terhitung murah, ada keindahan alam yang bisa dinikmati untuk menghilangkan kepenatan. Kota Batu merupakan sebuah kota di Jawa Timur yang memiliki banyak wisata air terjun yang sangat indah. Untuk rasanya perlu untuk mengetahui wisata air terjun di Batu yang wajib untuk dikunjungi.

Wisata Air Terjun di Batu

Bagi kalian yang ingin berwisata ke Batu Malang dan mencoba menjelajahi wisata air terjun di Batu, maka bacalah rekomendasi tempat wisata air terjun dari kami ini.

Yang kesemua tersebut memiliki pemandangan menakjubkan, dan sangat wajib kalian kunjungi ketika menjelajah alam Malang. Dan berikut daftar dan sedikit ulasannya.

Baca Juga :
Jatim Park – Wisata Keluarga Seru di Malang
10 Wisata Alam di Malang Untuk Tamasya Keluarga
Tempat Wisata Baru di Malang

Air Terjun Coban Putri

Air Terjun di Batu Malang - Coban Putri

Air terjun atau lebih dikenal masyarakat sekitar dengan Coban Putri ini merupakan salah satu air terjun di Batu Malang yang paling digemari masyarakat. Coban Putri bertempat di Kabupaten Batu, Kecamatan Ombo, Desa Oro-oro. Wisata alam ini biasanya buka setiap hari dimulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Untuk masuk ke dalam tempat ini cukup membayar Rp. 8.000,00 saja sebagai tiket masuknya. Jika membawa kendaraan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000,00. Untuk sampai ke air terjun coban putri ini bisa melalui jalur arah Predator Fun Park atau BNS.

Selain air terjun, pengunjung juga dapat menikmati ayunan yang dihias dengan cantik dan letaknya saling berdampingan. Letaknya yang tidak jauh dari air terjun membuat pengunjung masih bisa menikmati keindahan air terjun.

Ada lagi spot foto favorit lainnya yakni jembatan dari bambu. Layaknya wisata yang menyajikan keindahan pegunungan, wisata air terjun di Batu coban putri ini juga menyediakan gardu pandang menyerupai telapak tangan. Selain itu ada juga taman yang indah di dekat loket dan dari sana akan nampak bukit-bukit hijau dengan pohon pinus.

Air Terjun Sumber Pitu Pujon

Air Terjun di Batu Malang - Sumber Pitu

Salah satu air terjun di Batu Malang ini berlokasi di Kabupaten Batu, Kecamatan Tumpang Desa Krajan. wisata air terjun di Batu ini berada di dalam wilayah hutan milih Pehutani Malang. Mulai dari pukul 08.00 hingga 18.00 wisata ini dibuka. Untuk harga tiket masuknya sangat murah dan terjangkau yakni Rp. 5.000,00.

Sumber Pitu Pujon memiliki arti air terjun yang memiliki 7 sumber mata air yang letaknya saling berdekatan dan hampir memenuhi dinding tebing. Jangan sampai salah untuk datang ke lokasi ini karena jika salah rute, maka pengunjung harus berputar lagi dengan waktu 2 jam perjalanan.

Rute untuk sampai kesana sangatlah mudah apalagi jika dari arah kota maka pengunjung hanya perlu berjalan ke arah wisata batu. Kemudian jalan kembali menuju jalan batu-kediri dari kota batu. Setelah bertemu dengan patung sapi kemudian belok kiri di pertigaan Ringin Punden.

Yang unik dari wisata air terjun di Batu ini adalah memiliki 2 pos yakni pos informasi tentang air terjun sumber pitu pujon dan juga pos peristirahatan. Jika membawa kendaraan disarankan untuk tidak parkir di pos 2 karena tidak ada petugas yang berjaga sehingga dikhawatirkan terjadi pencurian.

Air Terjun Coban Talun

Air Terjun di Batu Malang - Coban Talun

Wisata air terjun di Batu Malang coban talun berlokasi di Kota Batu, Dusun Wonorejo, Kabupaten Bumiaji, Kecamatan Tulungrejo. Tempat ini dibuka untuk umum setiap harinya dimulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau yakni sebesar Rp. 10.000,00. Namun jika ingin berkemah atau camping akan dikenakan biaya tambahan lagi.

Jalan utama dari gerbang menuju air terjun di Batu Malang ini cukup licin sehingga pengunjung diharapkan untuk berhati-hati apalagi yang membawa anak kecil maupun orang tua. Jarak jalur utama ini sejauh 2 km sehingga akan membutuhkan waktu perjalanan 30 sampai 60 menit.

Tidak jauh dari air terjun coban talun juga terdapat beberapa tempat-tempat menarik lainnya seperti penginapan dengan tema tempat kemping apache. Apache sendiri merupakan suku khas indian yang pastinya akan menarik minat wisatawan untuk menginap atau kemping disana.

Bagi yang senang berburu tempat foto yang instagramable dapat mengunjungi kawasan taman bunga. Ada berbagai jenis bunga yang tersedia di taman ini sehingga taman ini sering dijadikan tempat untuk melakukan photoshoot atau prewedding.

Air Terjun Coban Rais

Coban Rais Batu Malang

Wisata air terjun di Batu Malang coban rais ini sedang naik daun karena keindahan pemandangannya dan harga tiketnya yang terhitung sangat murah. Untuk tiket masuk ke dalam air terjun ini hanya cukup dengan mengeluarkan RP. 10.000,00. Namun jika ingin memasuki spot-spot foto lainnya seperti Batu Flower Garden pengunjung harus membayar tiket lagi sebesar Rp.25.000,00.

Lokasi tempat wisata ini adalah di Desa Oro-oro Ombo, jalur lingkar barat, dusun dresel kecamatan Kota Batu, Jawa Timur. Tempat ini dibuka selama 24 jam setiap harinya sehingga pengunjung dapat mendatangi tempat ini kapan saja.

Untuk dapat melalui air terjun coban rais atau Batu Flower Garden terdapat Bukit Bulu yang menjadi semacam persimpangan. Satu persimpangan untuk langsung menuju air terjun coban rais dan yang satunya lagi untuk memasuki Batu Flower Garden.

Namun ada yang harus diingat bagi yang senang dengan fotografi dan akan membawa kamera ke tempat wisata ini. Ada biaya tambahan bagi yang membawa kamera aksi yakni sebesar Rp. 10.000, untuk kamera DSLR sebesar Rp. 15.000, dan untuk yang membawa drone sebesar Rp.75.000.

Air Terjun Watu Ondo

Coban di Batu Malang - Coban Watu Ombo

Salah satu air terjun di Batu ini berlokasi di Kabupaten Batu, Kecamatan Bumiaji, Sumber Brantas, Area Hutan. Dengan biaya Rp. 2.500 per orang, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh tempat ini. Dua air terjun yang saling berhadapan menjadi keunikan sendiri bagi air terjun Watu Ondo ini.

Nama Watu Ondo diambil dari jalan untuk menuju sampai ke air terjun berbentuk tangga dengan bebatuan yang sudah disusun dengan rapi. Meskipun kembar namun ketinggian dua air terjun ini berbeda yakni 15 meter dan 69 meter.

Selain itu terdapat beberapa spot selfie yang bagus dan menarik. Anak muda yang sedang senang-senangnya berburu tempat bagus untuk foto dan dibagikan di media sosialnya pasti akan datang kemari. Spot foto tersebut berbentuk hati yang cocok bagi yang ingin membawa pasangannya.

Terkadang kesan romantis akan didapatkan di air terjun di Batu Malang ini karena jika beruntung akan muncul kupu-kupu cantik yang terbang disekitar air terjun. Dan juga sesekali akan muncul pelangi yang indah di sekitar tempat wisata air terjun tersebut.

Air Terjun Coban Lanang

Coban Di Batu Malang - Coban Watu Lanang

Air terjun selanjutnya yang berada di kota Batu adalah air terjun coban lanang. Coban Lanang berada di Kabupaten Batu, Desa Tulungrejo, Dusun Nganjung. Tempat ini dibuka selama 24 jam untuk pengunjung dengan tiket masuknya hanya sebesar Rp. 5.000,00.

Pengunjung diharuskan untuk berjalan kaki karena jalan menuju air terjunnya yang cukup sempit sehingga yang membawa kendaraan bisa diparkir di dekat jalan raya. Disana juga terdapat jembatan dari bambu agar pengunjung dapat menikmati air terjun dari jarak yang dekat.

Fasilitas lain yang disediakan tempat ini adalah rumah-rumah kecil milik kelinci dan juga kolam renang yang pastinya akan menarik minat anak-anak.

Itulah beberapa air terjun di Batu Malang yang memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Beberapa air terjun yang sudah dijelaskan tadi memang layak untuk direkomendasikan sebagai tempat liburan bersama keluarga.

Indolora Transportation Service :
Travel Juanda Malang
Paket Wisata Private Bromo
Sewa Mobil Wisata di Malang

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *