Kali ini, kita akan menjelajahi keindahan Indonesia melalui puncak gunung tertinggi di Indonesia. Sebagai negara yang memiliki banyak gunung, terutama gunung berapi, wajar jika orang Indonesia adalah orang yang suka mendaki gunung. Selain sebagai bentuk olahraga dan hobi mendaki gunung, juga menjadi solusi untuk bisa menikmati keindahan alam dari atas gunung.

Bahkan menjadi area tersendiri bagi Anda yang bisa mencapai puncak gunung tertinggi di Indonesia ini karena tidak semuanya bisa atau berhasil. Pada artikel ini kita

akan melihat 45 gunung tertinggi di negara khatulistiwa ini yang umumnya merupakan gunung berapi aktif. Sebut saja, di antaranya puncak agung, puncak mandala, gunung Rinjani, dan gunung-gunung lainnya.

Baca juga: museum angkut malang

Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia

1. Gunung Puncak Jaya

Puncak Jaya

Ini adalah gunung tertinggi di Indonesia dan sudah terkenal hingga mancanegara. Gunung tertinggi ini terletak di Irian Jaya, juga dikenal sebagai puncak Piramida Cartensz. Sebagai puncak tertinggi di Indonesia, gunung ini mencapai ketinggian hingga 4.884 meter. Berhasil mencapai Puncak Jaya merupakan suatu kebanggaan tersendiri karena tidak semua orang bisa, hal ini membutuhkan tantangan dan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Saat mendaki, Anda harus melewati lembah Illaga terlebih dahulu, lalu melewati hutan selama kurang lebih 7 hari. Namun, jangan khawatir karena ada pilihan lain yang jauh lebih mudah untuk didaki, yaitu menggunakan helikopter, tentunya jika mengambil pilihan ini, siap-siap merogoh kocek yang mahal.

Pilihan helikopter lebih aman dan tidak memakan waktu sebanyak mendaki dengan berjalan kaki dari awal, helikopter ini akan membawa Anda ke perkemahan saja.

2. Puncak Mandala

Puncak Mandala

Lebih-lebih lagi, gunung tertinggi adalah puncak mandala. Gunung ini masih satu tempat dengan Gunung Jaya Wijaya yaitu di Papua. Gunung Mandala merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 4.760 meter. Di antara hal-hal unik yang dapat Anda temukan adalah selimut gletser di bagian atas.

Bagi yang tertarik untuk menjelajah dan mendaki gunung ini, Anda bisa memulai pendakian dari desa Bime. Namun Anda harus siap merogoh kocek yang mahal, jalur pendakian yang berbahaya dan destinasi yang sangat sulit dijangkau.

3. Puncak Trikora

Puncak Trikora

Di posisi ketiga sebagai gunung tertinggi di dunia adalah gunung atau puncak Trichora. Dulunya puncak ini disebut puncak Wilhelmina. Ketinggiannya mencapai 4.750 meter. Ada nama lain untuk gunung ini, yaitu Ettiakup. Di masa lalu, puncak tinggi trichora tertutup salju, tetapi dengan pemanasan global, salju sekarang mencair sedikit demi sedikit.

4. Gunung NGGA PILIMSIT

Gunung NGGA PILIMSIT

Lagi-lagi gunung tertinggi ini juga terletak di Papua, ketinggiannya mencapai 4.717 mdpl atau setara dengan 15476 kaki. Ini adalah gunung dengan ketinggian nomor 4 diIndonesia, dulunya pada masa penjajahan Belanda bernama Idenburg. Gunung ini memiliki lokasi yang dekat dengan puncak agung, sekitar 15 meter jauhnya. Nama gunung ini secara internasional adalah Gunung Ngga Pilimsit.

5. Gunung Yamin

Gunung Yamin

Selanjutnya Gunung Yamin, gunung tertinggi ini juga terletak di Papua. Memang, Papua adalah tempat pegunungan tertinggi. Ketinggiannya mencapai 4,595 mdpl dengan luas 3.947,1 km2. Salah satu ciri dan tanda gunung ini adalah adanya batu gamping, struktur batuan glasiasi dan batuan klastik.

Untuk mencapai puncak Gunung Yamin dengan ketinggian 3.947,1 km2, kita membutuhkan waktu sekitar 3 hari.

6. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci adalah gunung lain yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Gunung Kerinci terletak di Sumatera atau Bukit Barisan dan tepatnya diprovinsi Jambi. Gunung Kerinci kini telah dijadikan sebagai Taman Nasional Kerinci karena merupakan habitat harimau dan badak sumatera, yang merupakan hewan langka dan berada di ambang kepunahan.

Ini adalah salah satu gunung berapi aktif. Pada tahun 2009, ia meletus, membuktikan bahwa itu adalah gunung berapi aktif. Gunung Kerinci disebut juga Gunung Gadang dan puncak Indrapura.

7. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Ini adalah gunung yang terletak di Nusa Tenggara Barat, Lombok dengan ketinggian 3.762 meter di atas permukaan laut. Ini adalah gunung yang terkenal dengan gunung bintang limanya. Bukan tanpa alasan, dinamakan demikian karena medan untuk mendaki gunung ini terbilang unik dan eksotis, dikelilingi oleh ladang yang luas dan hutan tropis.

Di kawasan Gunung Rinjani, Anda dapat menemukan Taman Nasional Lombok, selain itu juga terdapat kawak danau Segara Anak. Bagaimanapun, mendaki gunung ini penuh dengan kesan dan pengalaman pendakian yang indah.

8. Gunung Semeru

Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di Jawa Timur dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl. Puncaknya dikenal sebagai puncak Mahameru. Ini adalah gunung berapi dan termasuk gunung tertinggi di Jawa.

Lihat juga: paket wisata bromo ijen baluran

Dari segi kebersihannya, itu diklasifikasikan sebagai gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Secara geografis, gunung ini terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Di puncaknya terdapat sebuah kawah bernama Jonggring Saloko.

9. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong

di posisi kesembilan gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Latimojong dengan ketinggian 3.478 mdpl. Gunung yang terkenal dengan Bulu Rantemario ini terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Untuk mencapai gunung ini, jika Anda dari Makassar mungkin membutuhkan waktu sekitar 10 jam.

Ketinggian 3.478 mdpl menjadikannya gunung tertinggi di wilayah Sulawesi Selatan, puncaknya dikenal dengan nama Bulu Rante Mario.

10. Gunung Slamet

Gunung Slamet

Di posisi kesepuluh, gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Slamet dengan ketinggian puncak 3.428 meter di atas permukaan laut. Gunung Slamet merupakan salah satu gunung berapi yang terletak di pulau Jawa, hingga saat ini telah memuntahkan 42 letusan lahar. Untuk mendaki gunung ini, kita harus menempuh perjalanan melalui Bambangan, dan Purbalingga yang berada di kaki gunung ini. Untuk rute pertama menuju Gunung Slamet bisa melalui Purwokerto – Purbalingga – Serayu – Kutabawa – Bambangan dan untuk rute kedua bisa melalui Purwokerto – Purbalingga – Serayu – Bobotsari – Karangreja – Gua Lawa – Kutabawa – Bambangan.

11. Gunung Binaiya

Gunung Binaiya

Terletak di Seram Ambon, Maluku, tepatnya di Maluku tengah, Gunung Binaiya memiliki dua puncak dengan ketinggian yang berbeda. Salah satunya adalah 3.019 mdpl dan yang lainnya adalah 3.011 mdpl. Ini adalah daerah dengan curah hujan tinggi dan lokasi ini juga berada di Taman Nasional Manusela.

Untuk menuju gunung ini, kita bisa naik bus dari Ambon menuju Pelabuhan Tulehu. Kemudian kami menyeberangi Pulau Seram menggunakan kapal ferry atau speed boat. Namun, hal penting lainnya adalah mengetahui jadwal keberangkatan kapal. Jadi pintar-pintarlah membagi waktu karena kapal hanya melintas dua kali seminggu.

12. Gunung Bukit Raya

Di posisi berikutnya, ada gunung Bukit Raya. Gunung ini terletak di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah memiliki ketinggian 2.278 mdpl. Puncaknya termasuk dalam Taman Nasional BUKIT Baka – Bukit Raya dan taman ini digunakan sebagai tempat observasi. jalur pendakian menuju puncak sangat sulit dan tentunya memakan biaya yang tidak sedikit.

13. Gunung Sanggar

Ini adalah gunung yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan ketinggian puncak 3.564 mdpl. Gunung ini konon memiliki keindahan yang sangat menarik meski belum diterjemahkan ke tangan manusia.

14. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing

Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di Jawa Tengah. Lebih tepatnya, gunung ini membentang di tiga kabupaten, yakni Wonosobo, Magelang,

dan Temanggung. Gunung yang konon masih memiliki kawah yang sangat mengesankan ini memiliki ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut.

Di sekitar kaki gunung masyarakat setempat memperoleh manfaat dari bercocok tanam dan di sana terbentuk dari hutan. Untuk mendaki gunung ini kita bisa melalui tiga

jalur yaitu jalur Cepit Parakan, jalur Bogowongso, dan jalur desa Garung.

15 Gunung Raung

Gunung Raung

Gunung Raung adalah sebuah gunung yang terletak di Jawa Timur dan melalui tiga wilayah yaitu Bodowoso, Jember dan Banyuwangi. Gunung Raung memiliki ketinggian 3, 344 meter di atas permukaan laut dan dikatakan sebagai gunung kaldera kering tertinggi kedua di Indonesia.

Bagi Anda yang ingin mendaki gunung ini bisa melalui dua jalur yaitu Kalibaru dan melalui Sumber Waringin.

16. Gunung Lawu

Gunung Lawu

Ini adalah gunung tertinggi berikutnya di Indonesia dan melewati dua bagian pulau Jawa, yaitu Magatan, Jawa Timur dan Karanganyar, Jawa Tengah. Bagi pendaki, ini adalah salah satu tempat dan objek yang paling indah untuk didaki. Puncaknya memiliki ketinggian 3.265 mdpl.

Untuk mendaki Gunung Lawu, Anda bisa menggunakan dua jalur, yaitu Cemoro Sewu dan jalur barat melalui Cemoro Kandang. Jika melewati sangkar cemoro akan memakan waktu yang lama dan jika melewati cemoro sewu anda dapat menemukan 5 pos dan dari jalur ini terdapat banyak mata air.

Puncak gunung ini dianggap sebagai tempat yang sakral dan tidak boleh sembarangan.

17. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Asal kata merbabu adalah “meru” yang berarti gunung dan “Abu” yang berarti abu-abu. Gunung ini membentang di beberapa daerah yaitu Magelang, Boyolali, Salatiga dan Semarang. Jalur pendakiannya adalah Kopeng, Thekelan, Jalur Welas dan Kopeng Cunthel, ini juga sama dengan Gunung Lawu, bagi masyarakat sekitar tempat ini dianggap keramat. Namun bagi pecinta pendakian, mendaki gunung ini merupakan hobi dan favorit.

Ada beberapa tantangan yang Anda temui saat mendaki Gunung Merbabu, antara lain tidak ada sumber air, kabut tebal, dan udara dingin. Kendala lainnya adalah hutan lebat yang harus dilalui selama pendakian gunung.

18. Gunung Agung

Gunung Agung

Ini adalah gunung yang terletak di Bali, tepatnya di Rendang, Karangasem, Bali. Gunung yang pada puncaknya memiliki keindahan yang menakjubkan ini memiliki ketinggian 3.031 mdpl. Setelah mencapai puncak, Diantaranya pemandangan yang disuguhkan adalah keindahan puncak Gunung Rinjani. Gunung Agung merupakan gunung yang memiliki tipe tratovolcano.

Untuk mendaki Gunung Agung, ada tiga jalur yang bisa ditempuh, yaitu jalur Pura Sar Agung, Budakeling dan Pura Besakih. Namun, jika ingin mencapai puncak tertinggi, kemudian pilih jalur Pura Besakih karena dua jalur lainnya tidak akan mencapai puncak tertinggi.

19. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai

Selanjutnya gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Ciremai yang memiliki ketinggian 3.084 mdpl. Gunung ciremai merupakan gunung berapi aktif dan berbentuk seperti kerucut. Keunikan gunung ini memiliki kawah di bagian atas, barat dan timur. Kawah timur lebarnya 400 meter dan barat lebarnya 600 meter.

Untuk bisa mendaki para pendaki gunung harus mendaftar terlebih dahulu di Kantor Taman Nasional Ciremai. Jalur pendakian yang banyak dilakukan pendaki adalah jalur Palutungan karena jalur ini mudah untuk ditempuh.

20. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro

Lalu, ada Gunung Sindoro yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Ini adalah gunung berapi dan terletak di Jawa Tengah, gunung ini telah meletus pada tahun 1971. Di bagian selatan gunung dengan ketinggian 3.150 meter di atas permukaan laut, terdapat kawah dan jurang yang dalam. Kawah terbesar dikenal oleh masyarakat setempat dengan sebutan kembang.

Untuk mencapai Gunung Sindoro, pendaki dapat mengakses dari berbagai tempat seperti Banjarnegara dari barat dan Megalang dari barat. Di sebelah utara Candiroto dan selatan Purworejo.

21. Gunung Dempo

Gunung Dempo terletak di antara Sumatera Selatan dan Bengkulu. Gunung ini memiliki ketinggian 3.173 mdpl. Ini adalah gunung dengan tipe stratovolcano di mana dipuncaknya memiliki keindahan pemandangan yang luar biasa. Untuk mencapai puncak, Anda membutuhkan enam jam. Di Gunung Dempo terdapat sumber air minum sehingga Anda tidak akan kehabisan air minum saat mendaki.

22. Gunung YARAMAMAFAKA

Ini adalah gunung yang terletak di Papua dan merupakan salah satu gunung terindah di Papua. Letaknya dekat dengan pegunungan tertinggi lainnya di Papua seperti Gunung Mandala dll. Ketinggiannya mencapai 3.370 mdpl.

23. Gunung Arjuno

Kemudian, yang termasuk dalam daftar gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Arjuno. Ini adalah jenis gunung Strato yang terletak di Jawa Timur dengan ketinggian mencapai 3.339 mdpl. Banyak sekali sejarah yang berkaitan dengan gunung ini, termasuk salah satunya digunakan sebagai tempat peribadatan sejak zaman Majapahit. Sebagai bukti sejarah, daerah ini memiliki patung dan candi yang dibuat oleh kerajaan Majapahit. Peninggalan sejarah tersebut tersebar di sepanjang jalur pendakian dari bawah hingga puncak Arjuno.

24. Gunung Welirang

Gunung Welirang juga terletak di Jawa Timur dan merupakan gunung dengan ketinggian 3.156 mdpl. Mungkin, asal disebut Gunung Welerang, karena merupakan sumber belerang yang banyak dijual oleh penduduk setempat.

25. Gunung Argopuro

Argopuro juga merupakan gunung lain yang terletak di Jawa Timur, tepatnya di daerah Probolinggo. Ketinggiannya adalah 3088 mdpl. Ada dua puncak yang terkenal, yaitu puncak rengganis dan argopuro.

Menuju puncak Argopuro, Anda dapat mengambil dua rute, yaitu jalur Bremi dan jalur Baderan. jalur Bremi terletak dengan menggunakan bus dari Surabaya ke Probolinggo dan seterusnya dengan menggunakan bus kecil ke Bremi.

Jika Anda menggunakan jalur Baderan, maka Anda harus menggunakan jasa angkot untuk menuju kantor Perhutani. Kemudian berjalanlah sampai Anda menemukan sumber air desa. Dan setelah itu, Anda terpaksa harus berjalan kembali dengan jarak 1,5 km dengan medan berbatu.

26. Gunung Gede

Gunung Gede juga merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Ini adalah gunung yang termasuk dalam Taman Nasional Gede Pangrango. Gunung ini membentang diantara tiga wilayah, yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi dengan ketinggian puncak 2.958 mdpl.

27. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray terletak di kabupaten Garut dan memiliki ketinggian 2.818 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang paling populer dan terkenal di Jawa Barat, terutama di kalangan pecinta alam. Ada tiga jalur pendakian yaitu jalur Cikajang, Bayongbong dan Dayeuhmanggung. Banyak turis datang ke sini hanya untuk mendaki gunung ini.

28. Gunung Wayang

Ini satu lagi gunung di Jawa Barat, Bandung, atau tepatnya di desa Tarumajaya, Kertasari, Bandung. Cikuray merupakan gunung berapi dengan ketinggian puncak 2.241 mdpl.

Gunung wayang di samping dikelilingi oleh gunung-gunung besar seperti Papandayan, gunung Malabar, dan gunung-gunung lainnya.

29. Gunung Wilis

Gunung Wilis, meskipun termasuk dalam gunung tertinggi di Indonesia, tetapi tidak termasuk dalam daftar gunung berapi aktif, ketinggiannya mencapai 2.563 mdpl. Wilis memiliki 5 puncak yang dapat diakses dari banyak jalur. Salah satunya adalah puncak Liman yang dapat diakses melalui Nganjuk dan Kediri. Sementara ada puncak lain yang bisa diakses melalui Tulungagung.

30. Gunung Batok

Gunung Batok memiliki ketinggian 2.440 meter di atas permukaan laut dan membentang di antara beberapa wilayah seperti kabupaten Probolanggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang. Sekarang gunung ini merupakan gunung yang sudah tidak aktif lagi.

31. Gunung Sipandu

Ini adalah gunung tertinggi berikutnya yang terletak di tengah Jawab dengan ketinggian 2.241 mdpl. Ini termasuk gunung kecil yang terletak di dataran tinggi Dieng.

Letaknya dekat dengan Gunung Prahu di Dataran Tinggi Dieng. Untuk akses menuju gunung ini Anda bisa melewati Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, yang berbatasan langsung dengan dataran tinggi Dieng.

32. Gunung Leuser

Ketinggiannya mencapai 3.119 mdpl, dan terletak di Aceh. Untuk mendaki ke puncak bisa menggunakan beberapa jalur. salah satunya jalur Desa Kedah Penosan, ini jalur utama. Selain itu, tiga rute lainnya adalah rute Peulumat, jalur Putri Jeumpa dan jalur Manggeng.

33. Gunung Prau

Selanjutnya gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Prau. Gunung ini terletak di Jawa Tengah, tepatnya di dataran tinggi Dieng, Wonosobo. Ketinggiannya mencapai 2.565 mdpl. Prau juga merupakan gunung yang banyak diminati sebagai tempat pendakian. Salah satu tujuan pendakian adalah untuk melihat indahnya matahari terbit dari

puncak gunung. Untuk mendaki Gunung Prau, jalur pendakian utama adalah Patak Banteng. Untuk bisa menikmati pemandangan indah ini Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam saja. Saat berada di puncak, Anda akan menemukan pemandangan indah termasuk dataran tinggi Dieng, dan danau warna-warni.

34. Gunung Guntur

Gunung tertinggi ini terletak di Garot atau Sukawangi Tarogong Kaler. Ini adalah gunung berapi yang memiliki ketinggian 2.249 mdpl. Daerah ini tidak hanya terkenal dengan pegunungannya tetapi juga keindahan alamnya.

35. Gunung ANJASMORO

Gunung ANJASMORO adalah gunung yang terletak di pulau Jawa dan membentang di tiga kabupaten yaitu Mojokerto, Jombang dan Malang. Gunung dengan ketinggian 2.282 mdpl ini dapat ditempuh untuk menuju puncaknya melalui dua jalur, yaitu Canger dan Wonosala.

36. Gunung Ijen

Gunung Ijen merupakan gunung berapi yang masih aktif dan sewaktu-waktu bisa meletus. Ijen adalah sebuah gunung id, kabupaten Banyuwangi dengan Bondowoso, Jawa Timur.

Ketinggian Ijen adalah 2.443 mdpl. Satu hal yang unik dari gunung ini adalah di puncaknya terdapat sebuah kawah yang dikenal dan populer dengan nama Kawah Ijen. Ijen adalah daun di puncak gunung yang bersifat asam. Keberadaan dauan ini menjadi daya tarik bagi banyak pendaki Gunung Ijen.

37. gunung Suket

Selanjutnya, gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Phuket. Gunung Phuket terletak berdekatan dengan Gunung Raung dan juga terletak di Jawa Timur. Ketinggiannya mencapai 2.950 mdpl.

38. Gunung Penajakan

Ini adalah gunung yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Pasuruan, Jawa Timur. Gunung Pen Pajak memiliki ketinggian 2.777 mdpl. Salah satu tujuan para pendaki mendaki gunung ini adalah karena ingin menikmati indahnya matahari terbit dari puncak gunung ini. Saat sampai di puncak pendakian, Anda juga bisa menikmati matahari terbit dari Gunung Bromo.

Bagi pendaki, ada beberapa jalur untuk menuju puncak pendakian. Anda dapat mengambil jalur Tosari, terutama jika Anda memulai dari Pasuruan, Jalur Tumpang jika Anda datang dari Malang, dan jalur Cemoro jika Anda datang dari Probolinggo.

39. Gunung Andong

Gunung Andong adalah sebuah gunung yang terletak di Jawa Tengah. Memang ini tergolong gunung kecil tapi pengunjungnya banyak, terutama saat liburan atau liburan akhir pekan. Ketinggiannya mencapai 1.726 meter di atas permukaan laut. Gunung ini diantara gunung-gunung besar lainnya seperti Gunung Merbabu, Merapi, dan Sumbing.

40. Gunung Baluran

Baluran merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Timur, tepatnya terletak di Sitobundo. Ketinggian Baluran adalah 1.247 mdpl. Pada dinding kawah gunung dibatasi oleh kaldera sedalam 600 meter. Gunung Baluran dinyatakan tidak aktif kembali setelah sebelumnya menjadi gunung berapi aktif.

Untuk mencapai puncak Baluran, Anda bisa memulai perjalanan pendakian dari Karangtekok dan Wonorejo. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menuju ke Pesanggrahan di

Kelor, anda bisa menggunakan kendaraan transportasi.

41. Gunung Bromo

Siapa yang tidak mengenal Gunung Bromo, semua orang sudah mengenalnya melalui film televisi. Gunung di Jawa Timur ini memiliki tubuh yang besar dan melintasi beberapa kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Jika ke Probolinggo, belum lengkap rasanya jika belum pernah ke Gunung Bromo.

Cek Wisata di indoloraopen trip bromo

Ketinggiannya mencapai 2, 392 meter di atas permukaan laut sehingga memberikan keseruan tersendiri bagi yang mendakinya.

Asal kata bromo berasal dari brahma yang merupakan salah satu nama dewa hindu, hingga saat ini status gunung bromo masih aktif dan dapat meletus sewaktu-waktu.

42. Gunung Bisma

Deretan lainnya adalah gunung bisma yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah. Ini adalah salah satu gunung yang belum banyak dilihat manusia selain Gunung Sanggar di NTB. Gunung perawan ini memiliki ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut. Beberapa jalur pendakian untuk mencapai puncak gunung adalah melalui Silandak, Slukatan, Mojotengah, Wonosobo.

43. Gunung Boklorobubuh

Mojokerto, Jawa Timur juga memiliki gunung tertinggi yaitu Boklorobubuh yang memiliki ketinggian 2.230 mdpl. Gunung ini membentang di beberapa kecamatan, yaitu Kecamatan Jatirejo dan Kecamatan Gondang. Ada juga puncak gunung lain di sekitar puncak gunung, yaitu Puncak Semar dan Puncak Kukusan. Sedangkan di kaki gunung ini terdapat mata air atau beberapa sungai yang mengalir deras, yang disebut dengan Sungai Geruh, Sungai Klera, Sungai Jembul dan Sungai Jatirejo.

44. Gunung Bukit Tunggul

Inilah gunung tertinggi berikutnya di Indonesia yang terletak di Pulau Jawa dan merupakan sisa dari letusan Gunung Sunda yang terjadi pada zaman prasejarah. Ketinggiannya mencapai 2.209 mdpl. Untuk akses menuju puncak bisa melalui jalur Lembang dan jalur Ujung Berung dan jalurnya mudah untuk dilalui.

Puncak Bukit Tunggal adalah sebutan untuk puncak gunung yang ada di Bandung Utara atau Pegunungan Lembang, selain puncak bukit tunggal tersebut terdapat beberapa puncak lain di sekitarnya yaitu Gunung Tangkuban Perahu (2084 m), Sunda (1859 m), Cangah (1659 m), Manglayang (1818 m), Burangrang (2064 m), Aseupan (1620 m), Putri (1587 m), dan Karamat (1200 m).

Layanan Kami sewa mobil malang

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *