Kebun Raya Bogor adalah kebun raya terbesar di Indonesia yang terletak di Bogor. Luasnya mencapai 87 hektar dan di dalamnya terdapat sekitar 15.000 jenis tumbuhan dan pepohonan. Kini Kebun Raya Bogor menjadi tempat wisata yang sangat banyak diminati dan dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.
Kebun Raya Bogor terletak di Jl. Ir. H. Djuanda, No.13 Paledang, Kec. Bogor Tengah, Jawa Barat 16122. Harga tiket masuk ke kebun raya ini adalah Rp 15.000 untuk masyarakat lokal dan Rp 25.000 untuk wisatawan mancanegara. Berikut daftar lengkap harga tiket Kebun Raya Bogor.

Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

  • Harga tiket untuk wisatawan lokal Rp 15.000
  • Harga tiket wisatawan Mancanegara Rp25.000
  • Tarif parkir Rp 5.000
  • Sewa mobil roda 4, Rp 30.000
  • Sewa sepeda keliling, Rp 5.000

Kebun Raya Bogor merupakan tempat wisata yang begitu indah dan menjadi tempat yang tidak hanya sebagai tempat rekreasi tetapi juga tempat untuk mengenal sejarah dan sejarah kota Bogor.

Di tempat ini banyak terdapat peninggalan sejarah yang bisa dilihat dan menjadi saksi bisu perjuangan kemerdekaan di masa lalu. Jadi, perjalanan ke Kebun Raya Bogor bukan hanya rasa duka tapi juga momen untuk mencari tahu tentang sejarah yang lebih luas.

Sehingga keindahan alam yang berpadu dengan simbol sejarah dapat dilihat dan dinikmati. Tepatnya, ini bisa dikatakan sebagai tempat menikmati keindahan alam dengan sajian edukasi sejarah.

Objek Bersejarah di Kebun Raya Bogor

1. Prasasti Reinwardt dan Halaman Belakang Istana

Prasasti Reinwardt

Salah satu tempat wisata yang menjadi spot foto cantik adalah halaman belakang istana Bogor dan prasasti Reinwardt.
Prasasti ini memiliki kaitan dengan sejarah masa lalu Bogor.

Pengunjung dapat melihat batu besar yang merupakan prasasti sejarah. Prasasti ini untuk mengenang pendiri Kebun Raya Bogor sendiri yang tak lain adalah Georg Karl Reinwardt.

Selanjutnya, tak jauh dari prasti pendiri Kebun Raya Bogor, pengunjung dan wisatawan dapat melihat sebuah bangunan putih yang memiliki arsitek yang tidak bisa dan memiliki gaya kolonialis Belanda. Perpaduan warna putih dan hijau menarik perhatian banyak pengunjung, bangunannya tak lain adalah Istana Bogor.

Baca Juga: 44 Gunung Tertinggi Di Indonesia

Istana Bogor merupakan salah satu kawasan yang wajib Anda kunjungi saat berada di Bogor. Istana ini didirikan pada tahun 1745 dan masih digunakan sebagai bangunan penting untuk menerima tamu negara.

2. Monumen Lady Raffles dan Danau Gunting

Selain Istana Bogor, Anda juga bisa mengunjungi sebuah monumen yang bernama Monumen Lady Raffles. Monumen ini mengingatkan pada peran seorang jenderal Rafles dalam menghibur momen itu dengan kebesaran. Ia adalah seorang jenderal dari Inggris yang menduduki Indonesia saat itu.

Pada prasasti ini wisatawan dapat melihat betapa romantisnya seorang jenderal perang yang melankolis. Di monumen ini tertulis puisi cinta seorang Raffles untuk kekasihnya. itulah mengapa, ini disebut monumen cinta.

Setelah menghabiskan waktu di monumen cinta wisatawan dapat berjalan ke depan dan bertemu dengan sebuah danau masa lalu yang penuh misteri, danau ini disebut danau gunting. Menurut cerita masyarakat setempat, dahulu kala di kawasan danau ini, noni-mengkudu sering muncul di pulau kecil di tengah danau dan ular raksasa juga sering muncul.

Ada keindahan lain dari telaga gunting, yaitu indahnya warna bunga di telaga. Ini tepatnya ketika Anda berjalan menuju menara istana Bogor. Ini adalah tanaman Nymphaea alba, dan tanaman Ruba atau disebut juga teratai, Tanaman inilah yang memberikan pemandangan yang indah dan menawan.

3. Patung Tangan Tuhan

Jika Anda sudah berada di istana Bogor, terus berjalan dan Anda akan menemukan patung unik yang disebut tangan dewa atau The Hand of God. Patung tersebut berbentuk telapak tangan yang sedang mengangkat seorang pria dengan kepala menghadap ke atas dan mulut terbuka. Ini adalah replika patung seniman terkenal Prancis asuhan seniman Auguste Rodin, namanya Carl Milles. Patung tangan dewa ini sudah ada di Bogor sejak tahun 1963. Ini adalah patung sumbangan dari Swedia dan merupakan tanda dimana Irian Jaya bergabung dengan Indonesia saat itu.

4. Patung Putri Duyung Kecil

Tidak jauh dari patung palem, Anda akan menemukan patung lain yang disebut patung The Little Mermaid. Bentuk patung ini adalah seorang wanita yang melihat ke air.
Nama patung ini adalah little mermaid dan sama dengan patung yang ada di Kopenhagen, hanya saja ukuran patung ini lebih kecil dari patung di Kopenhagen. Patung ini mengingatkan kita pada kisah cinta antara putri duyung kecil dan manusia tetapi kemudian harus patah hati oleh cinta ini.

5. Taman Monumen Teijsman

Di Kebun Raya Bogor juga terdapat taman dengan tugu bernama Teijsman. Monumen Teijsman berada di taman yang sangat indah dengan latar belakang pepohonan besar dan hijau yang terasa seperti alam imajiner. Nah, jika kamu ke sini, pastikan kamu tidak lupa membawa kamera karena akan rugi jika momen ini tidak diabadikan.

6. Pemakaman Kuno Belanda

Kebun Raya Bogor pernah menjadi wilayah Belanda setelah Inggris menyerahkannya kepada mereka sebagai sekutunya. Maka wajar jika di sini terdapat peninggalan Belanda seperti makam kuno Belanda.

Seperti yang terlihat, makam kuno ini menyeramkan karena lokasinya yang agak tertutup pepohonan bambu yang rimbun dan minimnya sinar matahari ke makam kuno tersebut. Apalagi ada kuburan berjejer di sana dengan nama Belanda, menambah suasana menyeramkan.

7. Museum Zoologi

Zoologi adalah ilmu tentang hewan, jadi museum ini adalah tempat untuk menyimpan berbagai hewan yang telah mati dan diawetkan sejak dulu. Sehingga tempat wisata Kebun Raya Bogor tidak hanya menampilkan sisi keindahan semata tetapi juga menjadi gudang sejarah dan ilmu pengetahuan alam yang menarik untuk dipelajari dan diketahui.
Di museum ini terdapat berbagai hewan yang diawetkan termasuk serangga dan semuanya masih dalam bentuk aslinya, jika ingin melihatnya jangan lupa datang ke Kebun Raya Bogor.

Baca Juga: Museum Angkut Malang, Zona Wisata Edukasi Keluarga

Tidak hanya itu, museum zoologi Bogor juga memberikan informasi tentang berbagai jenis hewan yang hidup di Indonesia dan memberikan informasi tentang keanekaragaman hayati di Indonesia.

8. Taman Meksiko

Spot foto lainnya adalah taman Meksiko. Luasnya Kebun Raya Bogor memungkinkan Anda untuk menikmati berbagai alam yang indah dan menakjubkan. Salah satunya adalah taman Meksiko, taman Meksiko adalah taman yang ditata sedemikian rupa dengan tanaman gurun khusus seperti kaktus sehingga terkesan lebih menarik.

Taman Meksiko benar-benar memberi Anda nunansa gurun. Apalagi koleksi tanaman khas gurun seperti agave, yucca, kaktus dan lain-lain memperindah tanaman ini. Sebagian besar koleksi tanaman ini didatangkan dari Amerika Selatan, Amerika Tengah termasuk Meksiko. Setidaknya, di taman Meksiko ini sudah ada 100 jenis tanaman.

9. Jembatan Putus Cinta

Satu lagi tempat unik di Kebun Raya Bogor, ini adalah jembatan putus cinta. Kedengarannya aneh dan sangat langka, padahal sebenarnya tidak ada yang istimewa di sini. Jembatan pemecah cinta dicat merah yang merupakan salah satu warna khas kolonial Belanda dan panjangnya sekitar 30 meter.

Jembatan pemecah cinta itu dibangun sejak perluasan Kebun Raya Bogor. Meski tak ada yang istimewa, melintasi jembatan ini memiliki kebanggaan tersendiri karena dapat memicu adrenalin.

Disebut jembatan putus cinta karena mitos mengatakan bahwa mereka yang melewati jembatan ini banyak yang harus putus hubungan cinta mereka. Namun tidak ada alasan khusus untuk menyebutkan apa alasan putus asa dari melintasi jembatan tersebut.

10. Taman Astrid

Kebun Raya Bogor dengan luas yang sangat luas memiliki banyak kebun di dalamnya dan salah satunya adalah Taman Astrid. Astrid diambil dari nama permaisuri raja Belgia yang bernama Astrid, dia adalah ibu dari Raja Boudouin.

Jadi, kecantikan sang permaisuri diabadikan dalam bentuk taman yang indah, konon Astri adalah putri yang sangat cantik saat itu dan merupakan salah satu orang tercantik di dunia.

Lokasi taman Astrid berada di belakang pintu IV atau pintu khusus pejalan kaki. Tamannya hijau dengan rumput yang sangat hijau dan air mancur di kolam yang indah dan cantik.

Kecantikan Putri Astrid tergambar melalui taman ini, bahkan ada sisi keindahan lain dari kolam yang ada. Di dalamnya terdapat tanaman langka yaitu teratai raksasa yang membuat taman menjadi indah dan luar biasa. Teratai raksasa ini disebut juga Teratai Raksasa dan Veronica Amazonica.
Bisa dikatakan teratai raksasa yang ada di Kebun Raya Bogor merupakan jenis yang langka dan memiliki daun yang sangat lebar bahkan saking lebarnya, taman ini mampu menahan berat badan seseorang dengan berat standar.

11. Keunikan Jalan Astrid dan Bunga Tasbih

Kecantikan Putri Aastrid tidak hanya tergambar di taman, tetapi juga di jalan yang ada yang bernama Jalan Astrid. Jalan Astrid ini memiliki keindahan tersendiri dengan deretan bunga berwarna-warni yaitu merah dan kuning yang berjajar di tengah Jalan Astrid.

Keindahan jalan ini diwarnai dengan bunga-bunga di tengah jalan, bunga ini disebut Canna Hybrida atau Kana Hias. Keberadaannya dapat mengubah jalan menjadi sangat indah, sehingga disebut jalan dengan Jl. Astrid sebagai putri Astrid yang cantik.

Jika kondisi memungkinkan, pengunjung bisa menikmati tasbih di sepanjang Jalan Astrid, bunga ini biasanya mengalami kerontokan rambut saat hujan.

12. Makam Mbah Jepra

Makam-Mbah-Jepra

Sisi lain yang menarik dari tempat wisata Kebun Raya Bogor ini adalah makamnya yaitu makam Belanda dan makam Mbah Jepra. Untuk menuju makam Mabah Jepra, pengunjung melewati jembatan merah di sana. Makam ini tidak jauh dari taman Soedjana Kassan. Keberadaan makam ini dikatakan sebagai asal mula zaman Bogor karena merupakan salah satu yang tertua dan sudah ada sejak lama. Berdasarkan usia makam tua, Kebun Raya Bogor diyakini berusia 300 tahun. Makam ini kurang diminati pengunjung karena dianggap tempat yang menegangkan dan pengunjung yang sering bertingkah tidak sopan dianggap terganggu.

13. Keindahan Rumah Taman Anggrek

Selain Jalan Astrid yang indah, Kebun Raya Bogor juga memiliki keindahan lain, yaitu rumah anggrek. Tanaman anggrek ini merupakan tanaman yang diambil dari alam liarnya dan sebagian merupakan hasil persilangan anggrek Sessa. Setidaknya ada 500 jenis anggrek yang tersedia dan siap memanjakan mata Anda.

Anda mungkin merasa tenang dan bahagia saat memasuki rumah naggrek. Betapa tidak, bunga anggrek yang digantung di dalam rumah memberikan keindahan yang luar biasa dan tidak biasa. Bagi anda yang menyukai tanaman bunga seperti anggrek tentu sangat berkesan dengan suasana tanaman yang ada di rumah anggrek ini.

14. Taman Soedjana Kassan

Taman-Soedjana-Kassan

Lagi-lagi Kebun Raya Bogor memberikan keindahan yang luar biasa, yaitu taman Soedjana Kassan atau yang disebut dengan taman rahasia. Di taman ini terdapat bendera nasional Indonesia yaitu Burung Garuda, uniknya Garuda Lamabang disini terlihat samar-samar dan untuk menemukan Garuda Indonesia pengunjung harus memperhatikan dengan seksama dan teliti. Inilah sebabnya mengapa taman ini disebut taman rahasia.

Lihat juga: 20 Wisata Alam Tersembunyi Di Jogja

Keunikan lainnya adalah akarnya yang menggantung, di area tangga terdapat akar pohon besar yang menggantung dan kamu bisa bergelantungan disini tanpa takut terpotong atau sekedar untuk bersenang-senang bermain.

Mitos Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor sudah berumur, bahkan ratusan tahun, sehingga wajar jika banyak dibicarakan mitos. Di antara mitos, pengunjung yang melintasi jembatan putus cinta dengan pasangannya akan mengalami masalah dalam hubungan cintanya.

Mitos lainnya adalah pohon jodoh, menurut cerita, pohon tersebut akan memberikan kabar gembira bagi mereka yang telah putus karena masalah mereka akan kembali menyatu dan diikat dengan rapi.

Namun menurut Islam ini tidak benar karena semuanya adalah kehendak Tuhan. Tapi itu mitos, jadi kita tidak boleh percaya.

Selain itu, masih banyak mimto lain yang menempel di Kebun Raya Bogor seperti harimau yang menjaga makam Ratu Galuh Mangku Alam. Beberapa orang percaya bahwa harimau itu adalah Prabu Siliwangi yang menjaga makam istrinya.

Begitu juga dengan Danau Gunting yang konon pernah muncul buah mengkudu Belanda bernama Olivia Mariamne Devinish. Ada juga sosok hitam besar yang biasa muncul di sekitar danau. Semua ini adalah mitos, itu adalah sesuatu yang tidak terbukti dan tentu saja tidak bisa dipercaya, terutama soal putus cinta atau pacaran.

Putus cinta gara-gara mendaki jembatan putus cinta tentu tidak bisa dipercaya dan tentang mendapatkan jodoh di bawah pohon jodoh. Umat ??Islam tidak boleh mempercayai hal ini karena semua sudah diatur oleh Allah. Jadi, apa pun selain Allah tidak dapat memberikan manfaat dan bahaya. Tapi kalau hanya iseng-iseng, tidak apa-apa asalkan kita tidak percaya.

Itulah ulasan singkat mengenai Kebun Raya Bogor, mulai dari harga tiket masuk, sejarah, spot foto hingga berbagai mitos seputar Kebun Raya Bogor.

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *