Home » Museum Angkut Malang, Zona Wisata Edukasi Keluarga

Salah satu museum yang fenomenal adalah Museum Angkut Malang, Jawa Timur. Museum ini mengajak Anda untuk kembali ke masa lalu dan kemudian beralih ke masa kini. Bahkan slogan Museum Angkut adalah “transparansi menembus ruang dan waktu”. Dari tagline ini, kita tahu bahwa Museum Malang mengoleksi berbagai alat transportasi dari masa lalu dan dari berbagai belahan dunia.

Itulah mengapa mengunjungi museum ini memberikan pengalaman yang luar biasa dan menggali kita ke masa lalu di mana berbagai jenis transportasi masih digunakan saat itu. Mungkin Anda akan terkejut melihat berbagai transportasi masa lalu yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Kita akan mengetahui bagaimana kehidupan di masa lalu di zaman nenek dan buyut kita menggunakan kendaraan dan transportasi.

Maka Museum Angkut ingin menampilkan peradaban manusia melalui transportasi masa lalu yang dihadirkan di sana. Disini kita tahu bahwa membuat museum seperti ini merupakan ide kreatif dan unik serta memberikan nilai plus tersendiri dalam menelusuri sejarah peradaban masa lalu.

Hal ini termasuk ide cemerlang untuk melakukan sebuah konsep pembuatan museum, tidak seperti museum yang biasanya hanya menjadi tempat penyimpanan benda-benda tua yang kurang dihargai oleh manusia dan hanya menjadi tontonan bagi sebagian orang. Namun, Museum Angkutan Malang memberikan hal luar biasa yang tidak pernah terpikirkan oleh kebanyakan orang. Museum Malang mengajak manusia milenial dan modern untuk kembali sejenak ke masa lalu melalui peradaban transportasi mereka. Ini bisa menjadi cara yang tepat bagi manusia milenial untuk mengenal sejarah masa lalu dengan sangat sederhana dan mudah.

Karena konsepnya yang unik, Museum Angkut tidak pernah sepi pengunjung sejak dibuka hingga sekarang. Sementara itu, tiket masuk Museum Angkut hingga 10 kali lipat lebih mahal dari museum lain. Hal ini menunjukkan bahwa konsep transportasi masa lalu yang dilakukan oleh Museum Angkut sangat populer dan memiliki daya tarik tersendiri.

Informasi tentang Museum Angkut

Paket Wisata Malang Batu Bromo
Museum Angkut

Museum Angkut yang terletak di Malang, Jawa Timur ini merupakan museum transportasi pertama yang pernah dibangun dan merupakan salah satu yang terbesar di Asia. Museum ini menempati area seluas 3,8 hektar dan baru dibangun pada tahun 2014 lalu tepatnya pada tanggal 9 Maret.

Faktanya, berdirinya angkutan barang adalah untuk memberikan apresiasi dan apresiasi kepada seluruh produsen angkutan di masa lalu dengan tetap melestarikan dan mendokumentasikan semua perkembangan transportasi dari seluruh dunia.

Museum Angkut telah mengoleksi sekitar 525 alat transportasi dari berbagai bentuk dan dari berbagai belahan dunia. Ada 300 mobil dari berbagai merek dan daerah mulai dari mobil masa lalu hingga mobil modern. Selain itu, Museum Angkut juga mengoleksi 225 alat transportasi lain dari berbagai jenis mulai dari transportasi tradisional hingga modern.

Museum Angkut Malang terdiri dari 9 zona ditambah dua zona tambahan baru. Hal ini berbeda dengan museum pada umumnya, Museum Angkut tidak hanya menampilkan gambar atau benda sebagai media informasi tetapi juga memperhatikan nilai estetika, rekreatif, artistik, dan dekoratif. Jadi pengunjung tidak hanya mendapatkan ilmu tetapi juga bisa mendapatkan banyak hal unik lainnya termasuk hiburan.

Jadi, Kehadiran Museum Angkut tidak hanya mengoleksi alat-alat transportasi dan memajangnya begitu saja, tetapi juga berbagai pertunjukan yang bisa dinikmati pengunjung. Ada pertunjukan yang dilakukan setiap hari, seminggu sekali dan ada juga pertunjukan yang dilakukan hanya pada saat-saat tertentu.

Salah satu pertunjukan yang ditampilkan setiap hari di Museum Angkut adalah Welcome to Gangster Town. Acara ini hanya berlangsung nyata dari jam 14.00-14.30. Ada juga Super Hero Custom yang hadir pada pukul 15.00 WIB. hingga 15:30, maka ada Pertunjukan Tiga Elemen pada pukul 19:45,

Museum Angkut dan Parade Studio Bintang Film yang tersedia setiap minggu. Masih banyak pertunjukan lain yang bisa Anda nikmati bersama keluarga.

Museum Angkut unik dan berbeda dengan museum lainnya karena kreativitas pengelola, serta menghadirkan benda-benda unik dan menjadi daya tarik bagi banyak orang.

Keunikan dan nilai peradaban yang diusung Museum Angkut membuatnya mampu meraup banyak pengunjung setiap harinya. Ada sekitar 1000 pengunjung setiap hari, namun pada hari libur angka ini akan berlipat ganda dari jumlah tersebut, yaitu sekitar 4000 pengunjung – 5000 pengunjung dalam satu hari.

Baca juga: wisata sejarah di malang

jam buka museum angkut

Faktor lain yang sangat mendukung keberhasilan museum transportasi ini adalah lokasinya yang strategis, yaitu berada di tengah kota Baru sehingga mudah dijangkau oleh pengunjung dari berbagai tempat. Dapat dikunjungi dengan kendaraan pribadi atau dengan menggunakan kendaraan umum.

Rute Menuju Museum Angkut

Museum Angkut Malang, beralamat di Jl. Terusan Sultan Agung No.2 Desa Ngaklik, Kec. Batu Kota Batu, Jawa Timur. Jika Anda dari Malang dan menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengambil jalur MT Haryono dan dilanjutkan ke Kota Batu.

Jika sudah sampai di Jl Pattimura yaitu Sp. Lippo Plaza, belok kendaraan ke kiri menuju Jl Sultan Agung. Nanti Anda akan menemukan pamflet atau plang menu Museum Angkut. Atau menggunakan jasa sewa mobil malang indolora

Bagi yang menggunakan bus dari arah Surabaya, turun di terminal Arjosari, Malang, melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot ADL menuju Arjosari, terus ke Dinoyo, Landung Sari, turun di terminal Landung Sari. Ketika Anda tiba di terminal ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkot anik yang berwarna kuning atau ungu muda menuju kota Batu. Setibanya di kota Batu, ganti lagi angkotnya dengan warna hijau atau oranye dan turun tepat di depan museum.

Sedangkan rute bagi yang menuju Museum Angkut dengan kereta api bisa turun di stasiun kotabaru lalu naik angkot menuju terminal Landung Sari, jika sudah sampai di Landung Sari anda lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot seperti rute yang sudah kami jelaskan diatas.

Berbagai Sarana Transportasi

Berbagai sarana transportasi dapat dilihat di Museum Angkut, tetapi Anda tidak hanya dapat menikmati ini tetapi juga mendapatkan banyak pengetahuan tentang transportasi masa lalu dari seluruh dunia dan dari waktu ke waktu. Anda juga bisa belajar tentang segala hal yang berhubungan dengan dunia transportasi di sini. Jadi, itu tidak membosankan.

sarana di museum angkut

Self-photography adalah sesuatu yang sangat menarik, setiap tempat anda memiliki spot yang bagus dengan background yang menarik untuk dijadikan spot foto. Hal ini dikarenakan semua alat transportasi sudah tertata rapi karena juga memperhatikan nilai seninya. Nah, jika Anda masuk ke dalam barang, Anda akan melihat situasi seperti tempat syuting film dari berbagai belahan dunia. Cukup menarik untuk ditambahkan ke daftar kunjungan akhir pekan Anda.

Adapun 9 zona yang ada di lingkungan museum transportasi adalah: Zona edukasi dan aula utama, zona transportasi Indonesia, zona landasan pacu bandara 27, zona mobil antik (gudang Batavia), zona Pecinan dan kelapa Sunda, zona Gangster Town dan jalan broadway, zona Eropa yang didalamnya terdapat beberapa negara yaitu; Inggris, Italia, Jerman dan Prancis, Zona Istana Buckingham, dan terakhir Zona Las Vegas dan Hollywood.

Selain zona-zona tersebut di atas yang berkaitan dengan transportasi, ada dua zona lagi yang tidak ada hubungannya dengan kendaraan atau peradaban transportasi. Ini adalah zona pasar terapung nusantara dan zona museum D Mask.

1. Zona pendidikan dan aula utama

aula utama

Aula utama menjadi sangat mengesankan ketika interiornya dihiasi dengan berbagai lampu sehingga suasana menjadi seru, selain itu ada berbagai alat transportasi tradisional di sepanjang sana mulai dari sepeda, gerobak, sepeda motor, mobil bahkan helikopter. Tidak hanya sebagai perpanjangan dari benda-benda purbakala, namun setiap benda memiliki nilai sejarah yang perlu diketahui.

Ada sepeda kuno yang bisa Anda lihat dan nikmati keindahan atau bentuknya. Sepeda antik diproduksi oleh perusahaan yang saat ini memproduksi mobil mewah. Helikopter yang pertama kali dimiliki oleh pemerintah Indonesia, kereta kuda yang dulunya digunakan untuk kendaraan raja-raja, dan lain-lain yang sarat nilai sejarah tertanam di dalamnya.

Bagi pengunjung yang ingin belajar tentang sejarah, mereka dapat dengan mudah membaca sejarah melalui papan informasi yang disediakan.

Di aula utama juga terdapat miniatur yang dibuat sedemikian detail sehingga menyerupai aslinya, antara lain jembatan golden gate San Francisco yang terkenal, serta beberapa mobil kecil yang melintas di atasnya. Masih di dalam ruangan alat transportasi ini terdapat ruangan khusus sebagai media edukasi tentang berbagai pengetahuan tentang transportasi dan menariknya dapat anda pahami dengan mudah karena disajikan dalam bentuk tampilan yang interaktif.

Ada juga mobil yang digunakan Dahlan Iskan, mobil listrik Tucuxi, mobil ini masih mempertahankan aslinya setelah waktu itu terjadi kecelakaan.

2. Zona transportasi Indonesia

Zona transportasi Indonesia

Terletak di lantai dua ketika Anda mencapai zona transportasi Indonesia setelah menaiki tangga atau Anda juga dapat menggunakan lift. Dalam ruang transportasi Indonesia, Anda bisa melihat berbagai macam kendaraan masa lalu yang digunakan di Indonesia seperti becak gantung, becak dengan background Malioboro, Pegon Situbondo yaitu penarik barang dengan sapi, Becak atau becak yaitu becak yang ditarik oleh manusia sambil berlari dan terdapat miniatur perahu. pahit. Ada juga alat transportasi unik lainnya termasuk merpati pos, yaitu burung yang digunakan untuk mengirim surat antar daerah.

3. Bandara zona landasan 27

Bandara zona landasan 27

Zona bandara Runway 27 merupakan zona lain dari zona yang telah kita bahas sebelumnya. Zona ini berada di lantai tiga dan disajikan di luar ruangan sehingga memberikan kesan yang lebih berbeda dari zona sebelumnya. Replika boing 737-200 bisa Anda lihat di sini, meskipun merupakan replika, namun tetap memberikan kesan unik dan berbeda.

Bagi pengunjung yang ingin naik dan melihat bagian dalam pesawat, dibatasi untuk 24 orang hanya dengan waktu 30 menit karena mengingat antriannya banyak. Tidak hanya pesawat 737 saja yang ada, Anda juga bisa masuk ke bagian cockpilot pesawat lain untuk melihat kursi pilot atau bagian pesawat yang berfungsi untuk menerbangkannya atau sekedar untuk berfoto. Bagi Anda yang lapar dan haus di zona landasan pacu bandara ini, Anda bisa pergi ke kafe yang didesain persis seperti bagian dalam pesawat. Anda bisa menikmati banyak makanan dan minuman sisana.

Uniknya, menu yang bisa kamu nikmati di sini adalah segala sesuatu yang berbau pesawat dari segi nama seperti: Concorde chicken fins, flaying, irisan kentang jet, Mie Turbulance dan sosis kotak hitam. Minumannya juga unik dan berbau seperti pesawat terbang, misalkan ada pilot juice. Harga makanan berkisar antara 30.000 dan minuman sekitar 15.000.

4. Zona Pecinan dan Sunda Kelapa

Zona Pecinan dan Sunda Kelapa

Zona Pecinan dan Sunda Kelapa Satu lagi zona unik yang menghadirkan suasana kota tua Jakarta. Di zona ini Anda akan melihat suasana seperti dulu yang dipenuhi dengan toko-toko Cina dengan nuansa merah, dan di jalan juga ada barisan kendaraan masa lalu seperti becak, gerobak, gerobak, praoto, oplet dll.
dan di dinding toko ada lukisan lukisan manusia dengan aktivitas masa lalu.

Di sini juga terdapat tembok berwarna merah jingga yang dihiasi dengan berbagai mata uang dari seluruh dunia, ada perangko, wesel, kartu pos, sampul surat, wesel dan masih banyak alat komunikasi dari masa lalu.

5. Zona mobil antik

Zona mobil antik

Di zona mobil antik Anda akan melihat berbagai pajangan mobil masa lalu dan motor dari masa lalu. Di sinilah ruang Batavia menjadi tempat koleksi berbagai jenis dan merek mobil dan motor tua.

Di antara merek mobil masa lalu itu adalah volk wagon, sundap, holden dan lain-lain. Produsen mobil ini sangat langka dan ada juga yang sudah tidak berproduksi lagi sekarang.

Semua sepeda motor dan mobil pajangan ini sama sekali tidak lusuh, berdebu, atau kotor. Semuanya terawat dengan baik dan ada juga yang masih bisa berjalan dengan sempurna.

6. Kota Gangster dan zona jalan Broadway

Kota Gangster dan zona jalan Broadway

Ini adalah salah satu zona favorit bagi banyak pengunjung, terutama anak muda dan penggemar film gangster. Suasana dan pemandangan di area zona ini ditata sedemikian rupa sehingga mirip dengan film kriminal atau gangster sungguhan.

Anda akan melihat jalan dengan susunan ban bekas, mobil tua, coretan dan lain-lain. Jika Anda pernah menonton film the godfather, american gangster, mungkin kamu pasti pernah merasakan hal yang sama saat memasuki zona kota gangster ini.

7. Zona Eropa (Italia, Prancis, Jerman, dan Inggris)

Zona Eropa (Italia, Prancis, Jerman, dan Inggris)

Selain menikmati keunikan dan suasana di zona Gangster Town dan Broadway street, Anda juga akan melihat zona lain yang tak kalah menarik yaitu zona Eropa. Di sinilah banyak alat transportasi Eropa masa lalu disimpan. Zona Eropa ini didesain mirip dengan keadaan di Eropa dengan gang-gang sempit dan dihiasi lampu-lampu malam yang terkesan romantis. Di zona Eropa Anda bisa menemukan restoran khas Eropa yang menyajikan pizza dan alat transportasi khas Eropa, yaitu Vespa Piaggio.

Masing-masing zona Eropa memiliki karakteristik dari 4 negara tersebut. Prancis, Inggris, Jerman, dan Italia, semuanya memiliki ciri khasnya masing-masing.

8. Zona Istana Buckingham

Zona Istana Buckingham

Ini adalah replika istana megah ratu Inggris dengan taman indah di depannya. Jika Anda memasuki gedung Buckinghham Palace Anda akan melihat replika patung Ratu Elizabeth duduk di singgasananya. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menemukan mobil landrover yang digunakan ratu Inggris saat berparade di Australia.

Mobil buatan Inggris juga tertata rapi di beberapa sudut ruangan, seperti mobil mini cooper, francis barnets dan lain-lain. Bahkan termasuk bus tingkat yang sering digunakan untuk bepergian di Inggris.

9. Zona Hollywood dan Las Vegas

Zona Hollywood dan Las Vegas

Zona ini memang kecil, namun cukup mumpuni untuk mendapatkan banyak titik pemotretan untuk foto yang instagramable. Pasalnya, zona Las Vegas dan Holly Wood ditata sedemikian rupa sehingga mirip dengan suasana Las Vegas yang gemerlap dan tampak barat.

Pasar Terapung Nusantara

Pasar Terapung Nusantara

Pasar terapung Nusantara adalah tempat yang layak Anda kunjungi untuk mengunjungi Museum Angkut. Saat anda keluar dari gerbang museum anda harus melewati lorong yang didesain sedemikian rupa untuk menuju pasa terapung ini.

Uniknya, saat berada di terowongan seperti terowongan kereta api, lorong ini bergoyang dan berbunyi seperti kereta api :). Di pasar terapung Anda bisa menjelaskan banyak stand yang sudah dibuat menggunakan sampan, sampan dan perahu dayung dengan biaya 10.000. pasar terapung menyediakan banyak makanan khas seperti makanan Jawa Timur, ada juga stand yang menjual oleh-oleh kerajinan lokal.

Museum Kerajaan D Topeng

Museum D topeng adalah museum khusus untuk koleksi topeng yang beragam dari seluruh tanah air. Setidaknya ada 2000 jenis masker di sini. Museum ini juga masih tergolong baru dan baru dibuka sejak 23 Mei 2014.

Apa yang dimaksud dengan topeng? dari semua topeng tersebut, para pengunjung mengetahui bagaimana budaya masing-masing suku dan daerah tersebut. Salah satu topeng tertua dan paling suci adalah topeng dari Sulawesi, yaitu topeng tao-tao. Dalam sejarah, patung tao tao adalah penjaga makam.

Pada zaman dahulu, di daerah Sulawesi setiap kali seorang raja meninggal, ia harus bertopeng karena raja dianggap sebagai penjelmaan dewa yang tidak boleh berwajah buruk. Tidak hanya topeng, namun Museum D Topeng juga menyimpan banyak benda kuno yang sarat akan nilai mistis. Diantaranya adalah Al Quran yang berusia lebih dari 400 tahun, keris kuno, patung wayang, termasuk beberapa pertunjukan wayang dari Sunan Kali Jaga dan lain-lain.

Baca juga: Wisata Alam Tersembunyi di jogja

Harga Tiket Masuk Museum Angkut

Harga tiket masuk ke Museum Angkut masih masuk akal dan relatif murah. Soalnya, kamu tidak hanya melihat mobil-mobil kuno tapi juga bisa menjelajah dunia dalam berbagai nuansa dan bahkan ada banyak zona yang bisa kamu lihat. Tidak hanya mobil antik dari Indonesia, tapi juga dari Eropa ada di sini. Tidak hanya itu, banyak sekali ilmu dan sejarah yang bisa anda dapatkan dari Museum Angkut ini.

Jadi harga tiket 70.000 untuk weekeday dan 100.000 untuk weekend masih tergolong murah dan sesuai dengan yang bisa Anda dapatkan. Selain Museum Angkut, Anda juga bisa mengunjungi Museum Topeng D hanya dengan menambah 10.000 lagi. Jadi ini adalah kesepakatan yang sangat bagus dengan pengalaman yang unik dan menarik.

Selain harga tiket museum angkut di atas, ada juga harga tiket paket atau yang dikenal juga dengan magic ticket sebesar Rp 325.000 untuk dua hari kunjungan dan Rp 450 ribu untuk 3 hari kunjungan. Berkunjung ke Museum Angkut dengan suasana klasik dan berlatar tahun 1970, dengan berbagai macam mobil klasik, dan alat transportasi dari masa lalu sayang jika tidak diabadikan dengan selfie. Bawa kamera dan HP keren dengan kualitas piksel yang baik untuk mendokumentasikan liburan Anda di Museum Angkut.

Fasilitas di Museum Angkut Malang

Bagi Anda yang ingin melakukan prewedding atau pemotretan, Anda bisa melakukannya di museum ini lebih awal saat museum belum buka sehingga Anda bisa leluasa mengambil foto sesuka hati. Untuk ini, Anda hanya perlu membayar 2,5 juta untuk menyelesaikannya.

Anda tidak hanya dapat melakukan pemotretan, jika Anda telah selesai memotret, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada seperti yang dinikmati pengunjung. Tapi ada yang spesial buat kamu yaitu kamu bisa masuk dari jam 07.00 sampai jam 12.00 sehingga kamu tidak diganggu pengunjung dan bisa berfoto dengan leluasa.

Bagi pengunjung, dengan membayar tiket masuk, Anda juga dapat menikmati semua fasilitas yang tersedia secara gratis, seperti kendaraan yang digunakan untuk berkeliling museum karena arenanya yang luas. Di antara fasilitas yang tersedia dan gratis bagi pengunjung adalah:

Mobil shuttle dan kereta dotto

Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menjelajahi seluruh area seluas 3,8 hektar karena Anda bisa menggunakan kendaraan keliling gratis. Kereta yang dimaksud adalah shuttle car dan kereta dotto, ini adalah kereta mini yang lucu jadi tidak capek-capek lagi.

Lift

Ada juga lift yang memudahkan Anda untuk berpindah dari zona ke zona berikutnya yang ada di lantai paling atas. Jadi sebenarnya fasilitas ini disiapkan untuk penyandang disabilitas dan lansia, tapi kamu yang normal tidak dilarang menggunakannya.

Pusat informasi

Ini adalah informasi yang siap membantu pengunjung dengan apa yang ingin mereka tanyakan. Jika ingin tahu tentang kereta api, becak atau transportasi lainnya, Anda bisa bertanya kepada staf di ruang pusat informasi, mereka akan dengan senang hati membantu.

Tidak hanya itu, mereka juga siap memberi tahu atau mencari apa yang Anda lewatkan. Begitu juga dengan anak-anak yang terpisah dari keluarganya, mereka akan membantu untuk mempertemukan mereka dengan keluarganya.

Loker

Terdapat loker yang merupakan tempat untuk menyimpan barang, sehingga anda yang membawa barang tidak perlu menyentuhnya kemanapun anda akan pergi.
Museum Angkut telah menyiapkan loker sebagai tempat menyimpan barang-barang Anda.

Stasiun pengisian daya

Uniknya lagi, museum angkut Malang juga menyediakan banyak charging station sehingga tidak perlu takut tidak membawa power bank. Pkoknyam menguras memori ponsel Anda, jika Anda kehabisan baterai Anda dapat mengisi ulang di stasiun pengisian.

Jadi, memang, satu hal yang bisa dibanggakan setelah mengunjungi museum ini adalah koleksi fotonya, sehingga museum transportasi ini menyediakan banyak stasiun pengisi daya yang digunakan secara gratis.

Mesin ATM

Bagi Anda yang lupa membawa uang tunai di luar museum, Anda bisa membawanya ke dalam museum karena di beberapa titik strategis sudah disediakan kotak ATM. Bahkan, Anda bahkan tidak perlu membawa uang tunai dari rumah karena Anda bisa mengambilnya di ATM yang ada di museum.

Mushalla

Ada juga mushalla yang disediakan agar pengunjung muslim tidak ketinggalan shalat. Sepanjang hari Anda bisa berkeliling di Museum Angkut dan jika waktu sholat Anda bisa melakukannya di sana. Jadi, Anda lebih leluasa menjelajahi museum transportasi klasik ini.

Area parkir

Bagi anda yang membawa sepeda motor, mobil atau kendaraan umum, Anda dapat memarkir kendaraan di tempat parkir dengan buaya murah. Untuk sepeda motor dikenakan biaya 2.000, mobil 5.000, dan bus atau angkutan umum 10.000. Mudah dan nyaman dan sangat terorganisir, semuanya tersedia untuk pengunjungnya.

Pujasera dan kafe

Di beberapa titik di museum ini juga terdapat kafe yang menyediakan makanan khas Jawa Timur, sehingga Anda tidak akan haus dan lapar di Museum Angkut yang unik ini.

Hotel dan losmen

Fasilitas lain yang tersedia adalah penginapan dan hotel. Bagi anda yang datang jauh dari luar kota atau luar negeri, Anda bisa menghabiskan waktu di museum ini dengan menginap di beberapa tempat yang telah disediakan, namun hal tersebut tidak gratis.

Di antara hotel yang ada adalah: Pondok Jatim Park Hotel and Cafe, Tree in Hotel, Boutique Resort Flower Club, Apple Greenhotel dan lain-lain. Lokasinya yang berada di tengah kota memudahkan banyak pengunjung untuk bisa berlama-lama di arena museum transportasi.

Kategori: Artikel

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.