Home » 20 Wisata Alam Tersembunyi di Jogja Yang Wajib dikunjungi

20 Wisata Alam Tersembunyi Di Jogja – Memang benar, Jogja Bukan hanya sejarah dan kulinernya saja yang dikenal masyarakat global, namun keindahan alam yang tak ternilai telah berhasil membangkitkan simpati masyarakat internasional saat menjelajahi kawasan ini. Beberapa tempat wisata alam di Jogja yang sangat indah dan menarik namun jarang diketahui orang ternyata menjadi sebuah daya tarik bagi semua orang saat melakukan liburan di sini.

Bagi yang ingin mengetahui lebih jauh tentang keindahan tempat wisata alam Yogya, berikut beberapa rekomendasi yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke kota pelajar. Tentunya destinasi ini merupakan tempat yang tepat untuk bersantai setelah seminggu beraktivitas atau sebelum kembali bekerja. Berikut beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang akan membuat liburan Anda tak terlupakan.

Baca juga: Tempat Wisata Baru di Malang

1. Kalisuci – Cave Tubing

Terletak di Semanu di Gunungkidul, ini adalah salah satu tempat wisata alam Yogyakarta di mana Anda harus merasakan serunya menjelajahi keindahan tebing karst. Harga retribusi sebesar 5 ribu rupiah dan untuk paket lengkap kalisuci/ cave tubing 70 Ribu, petualangan Anda dimulai saat melewati Gua Gelatik dan Gua Kalisuci. Di sini Anda akan menemukan stalaktit yang menyerupai kristal.

2. Gua Pindul – Cave Tubing

Jika Anda pergi ke desa Karangmojo Bejiharjo, jangan lupa untuk menikmati sensasi unik menyusuri sungai di Gua Pindul. Salah satu daya tarik alam Jogja adalah keindahan stalaktit dan stalagmit yang berjajar di gua-gua. Dengan bantuan pelampung Anda berjalan selama 45-60 menit di sepanjang sungai sepanjang 300 meter. Ini adalah pengalaman yang menegangkan dan Anda harus mencobanya.

Baca juga: 10 Wisata Alam di Malang

3. Puncak Suroloyo

Keindahan matahari terbit tidak serta merta dinikmati hanya dengan mendaki gunung. Anda wajib mengunjungi puncak Suroloyo di Kulon Progo Yogyakarta untuk melihat wisata alam Yogyakarta berupa awan yang menakjubkan. Selain itu, Anda bisa melihat keindahan empat gunung besar Merbabu, Sindoro, Merapi dan Sumbing dari ketinggian 1.091 m di atas permukaan laut. Perjalanan ke puncak membutuhkan pendakian 290 anak tangga.

4. Kalibiru

Jika Anda ingin melihat pepohonan yang bertebaran dari ketinggian tertentu, kini saatnya mengunjungi Kalibiru, sebuah objek wisata alam di Yogyakarta. Terletak di Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo, ekowisata ini memiliki keunikan tersendiri karena memiliki anjungan di atas pohon pinus. Saat Anda menaiki tangga, Anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam di sore hari bersama pasangan.

5. Bukit Parang Endog

Wisata alam di Yogyakarta selanjutnya adalah Bukit Parangendok di Bantul, 27 km dari Yogyakarta. Sering digunakan sebagai landasan pacu paralayang, bukit ini ternyata menawarkan keindahan matahari terbenam (SUNSET). Lokasi di ujung timur Parangtritis ini juga bisa dijadikan destinasi tantangan adrenalin dalam kegiatan paralayang.

6. Hutan Pinus Mangunan

Jika Anda merasakan hawa panas saat berlibur di Yogyakarta, kini saatnya mengunjungi Hutan Pinus Mangunan, sebuah objek wisata alam di Yogyakarta. Area wisata di kawasan Dingo, Bantul ini menyuguhkan pemandangan indah di antara pepohonan pinus. Dengan pemandangannya yang indah, banyak wisatawan yang menjadikan tempat wisata ini sebagai tempat berfoto bersama pasangan maupun kerabat.

7. Curug Indah TegalRejo

Secara administratif, objek wisata alam Jogja, Air Terjun Tegalrejo yang indah, terletak di ujung timur Gunung Kidul Yogyakarta. Dikenal dengan nama Curug Bayat, destinasi wisata ini menawarkan pemandangan indah pepohonan yang mengelilingi air yang jatuh dari tebing. Sayangnya, air terjun Tegalejo yang indah ini tidak banyak dikenal dan hanya bisa dikunjungi oleh penduduk setempat untuk menyegarkan diri di tempat ini.

8. Goa Selarong

Destinasi wisata religi ini cocok bagi Anda yang ingin mengenang jasa sosok Pangeran Diponegoro. Ini memiliki nilai sejarah sebagai tempat persembunyian Diponegoro ketika dia pergi. Bagi para pejuang gerilya, wisata alam Jogja Goa Selarong menawarkan berbagai fasilitas antara lain musholla, dek observasi, pendopo dan fasilitas bermain. Tempat wisata sejarah terletak di Guwosari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta.

9. Kebun Buah Mangunan

Berjalan-jalan di kebun memberikan perasaan yang berbeda, dan kunjungan ke tempat wisata alam Yogyakarta, kebun buah, dapat memberikan perasaan itu. Berada di ketinggian 150-200 meter di atas permukaan laut, destinasi wisata ini menawarkan pemandangan indah Ngarai Sungai Oyo yang eksotis. Waktu yang tepat untuk mengunjungi lokasi ini adalah pada pagi hari ketika ngarai sungai masih diselimuti kabut yang sangat mengesankan.

10. Wisata Kaliurang

Kunjungi wisata Kaliurang untuk mendapatkan pemandangan hijau dan indah. Berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, tempat wisata alam Yogyakarta menawarkan aktivitas seru seperti berenang, jalan-jalan atau bersantai. Nikmati juga kelezatan masakan khas daerah ini yang berupa jadah tempe yang pasti lezat dan otentik.

11. Gua Cerme

Gua Cerme yang mudah dijelajahi dengan pesona alamnya yang indah yang diciptakan oleh alam, merupakan tempat wisata alam yang sangat direkomendasikan di Yogyakarta. Terletak di kota kecil Srunggo, Selopamioro, Imogiri dan Bantul Yogyakarta, gua Crème ini menawarkan penelusuran dengan jalan kaki sekitar 1,5-2 jam. Keindahan yang dimiliki gua ini adalah stalagmit, stalaktit, stalaktit, Pilar Moonmilk dan Sodastro.

12. Arung Jeram Citra Ero

Liburan tanpa aktivitas yang menantang adrenalin tidak akan menyenangkan. Jika ini yang Anda cari, wisata alam di Jogja mengajak Anda untuk singgah di Arung Jeram Citra Ero. Yang Anda butuhkan hanyalah bisa menaklukkan jeram di sepanjang sungai tanpa syarat untuk bisa berenang. Disini Anda bisa bermain air, tertawa dan melepaskan penat di destinasi wisata ini tentu menjadi sangat menarik.

13. Blue Lagoon

Pemandian alami bisa Anda temukan di tempat wisata alam di Yogyakarta yaitu Blue Lagoon. Terletak di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman menjadi sebuah daya tarik tersendiri untuk para remaja yang suka dengan aktifitas berenang atau bermain air. Sebenarnya nama asli destinasi wisata ini adalah pemandian Setia budi, Tapi banyak para remaja yang menyebutnya sebagai Blue Lagoon.

14. Desa Wisata Nglinggo

Tampaknya sangat menarik untuk berjalan-jalan di ladang teh di pagi hari. Jika ingin melakukan ini, segera kunjungi Desa Wisata Nglinggo, tempat wisata alam di Jogja. Berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, desa ini tentu menawarkan jalan-jalan teh pagi yang sangat mengasyikkan karena Anda dapat menikmati udara pagi yang segar sambil menikmati pemandangan yang terlihat masih alami.

15. Umbul Pongok

Bagi yang suka menyelam dan ingin bermain dengan berbagai macam ikan warna-warni, Anda bisa mengunjungi tempat wisata alam Jogja di desa Ponggok, kecamatan Polanharjo, Klaten, Yogyakarta. Lokasi ini sebenarnya disediakan untuk penyelam pemula. Saat Anda berkunjung ke kawasan ini Anda bisa menikmati keindahan bawah laut dengan suasana seperti di laut sebenarnya.

16. Gunung Api Purba Nglanggeran

Sesampainya di lokasi Gunung Nglanggeran, keindahan alam yang tak terlukiskan berupa bukit-bukit batu besar akan menjadi daya tarik tersendiri. Karena akses yang mudah ke tempat wisata alam ini, Pasti rasa penasaran Anda akan terbayarkan saat menjelajahi keindahan puncak gunung purba Nglanggeran. Dan abadikan semua kenangan indah ditempat ini dengan swafoto maupun berfoto bareng teman.

17. Puncak Kosakora

Daya tarik alam di Yogyakarta selanjutnya adalah eksotisnya puncak Kosakora yang menyuguhkan berbagai keindahan dari titik ketinggian tertentu. Anda harus menaiki anak tangga karst yang terjal untuk menikmati keindahan alamnya. Tetapi ketika Anda mencapai puncak bukit semua rasa capek dan penat akan terbayar sudah. Di anjurkan untuk datang di pagi hari agar bisa langsung melihat indahnya matahari terbit dari puncak Kosakora.

18. Wisata Lava Merapi

Gunung Merapi sangat terkenal dengan letusannya yang megah dan sangat dahsyat. Untuk sebagian orang, berjalan dengan menyusuri jejak lahar Gunung Merapi sangat mengasyikkan dan menantang adrenalin. Ini adalah wisata alam di Yogyakarta dimana Anda dapat melihat dari dekat Gunung Merapi yang memiliki jarak pandang hanya sekitar 2 km saja. Di sini Anda juga akan melihat bekas lapangan lahar Gunung Merapi dan bunker yang menjadi tempat berlindung saat terjadi erupsi yang merenggut nyawa dua orang.

19. Hutan Wanagama

Bagi yang ingin menyalurkan aspirasinya untuk berpetualang di hutan dapat mengunjungi Hutan Wanagama yang terletak di Banaran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Wisata alam Yogyakarta ini mengajak Anda menjelajahi hutan alam dengan berbagai jenis pepohonan. Terdapat kekayaan flora seperti pohon akasia, dan daun pohon minyak kayu putih yang biasanya digunakan untuk membuat minyak atsiri.

20. Desa Wisata Ketingan

Memang alam pedesaan sangat asri dan wajib untuk dikunjungi, Kali ini kami mengajak Anda untuk menikmati panorama Desa Wisata Ketingan, surga bangau di Yogyakarta. Di sini bangau hidup bersama dengan alam dan memancarkan pesona tersendiri. Terdapat sekitar 7.000 kuntul tinggal di lokasi ini, jadi pastikan untuk memakai topi saat mengunjungi destinasi ini sebagai antipasi terkena kotoran burung ini.

Layanan Kami: sewa mobil malang

Banyaknya tempat wisata alam di Yogyakarta yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai solusi liburan panjang atau weekend getaway. Begitu impresif dan tentunya jauh dari hiruk pikuk kota, keindahan alamnya menjadi daya tarik tersendiri untuk bersantai sepulang kerja. Berkunjung ke salah satu tempat wisata di atas dapat mengobarkan kembali semangat Anda untuk beraktivitas setelah liburan panjang. bagaimana? Tertarik untuk berwisata ke Yogyakarta?

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.