5/5 - (1 vote)
Home ยป Intip Pesona Wisata Bukit Jaddhih, Destinasi yang Wajib Dikunjungi Saat ke Madura

Tempat wisata yang instagenic akhir-akhir ini sangat dicari, hal tersebut tidak lepas dari peran media sosial. Salah satunya wisata bukit Jaddhih yang menawarkan berbagai spot instagenic untuk sumber inspirasi dalam berfoto. Tentunya pengunjung tidak akan pernah kehabisan ide dalam memotret dengan background keindahan bukit kapur putih yang elegan.

Tempat wisata ini awalnya merupakan lokasi penambangan yang saat ini juga masih aktif. Namun, bila wisatawan berkunjung ke lokasi tidak akan tampak aktivitas penambangan. Sebab, lokasi tersebut telah berubah menjadi bukit-bukit yang cantik sehingga menarik untuk dikunjungi. Berkat pemandangan yang eksotis, bukit Jaddhih menjadi viral. Berikut informasi selengkapnya tentang destinasi wisata ini:

Baca Juga: 23+ Tempat Wisata Bogor Paling Hits & Instagramable

Daya Tarik Bukit Jaddhih Untuk Wisatawan

Ketika datang ke lokasi pertambangan, pengunjung tidak akan kecewa sama sekali. Sebab, banyak pemandangan alam yang jarang ditemui dan sayang bila tidak diabadikan ke dalam foto. Sehingga, pengunjung tidak akan bosan jalan-jalan di area wisata meski pada siang hari cuacanya begitu terik. Berikut spot terbaik yang menjadi daya tarik bukit Jaddhih bagi wisatawan:

1. Keindahan Bukit Kapur

Hal pertama yang perlu ditelusuri bagi wisatawan yaitu bukit kapur putih. Tidak ada yang menyangka bahwa bekas galian tambang tersebut justru menghasilkan perbukitan yang eksotik. Bukit Jaddhih juga seringkali dijadikan background bagi para wisatawan yang ingin mengunggah konten ke media sosial. Sebab, bentuk dari bukit kapur ini memang unik.

2. Goa Pote

Seperti pada pertambangan lainnya, galian akan memilih batuan yang lebih mudah. Sehingga hasil dari galian pertambangan tersebut justru membentuk seperti goa. Dulunya Goa Pote tidak diperuntukkan untuk wisata, mengingat masih ada aktivitas pertambangan. Beberapa tahun kemudian, keberadaan goa ini kemudian dimodifikasi agar menjadi Goa Pote yang bisa dimasuki oleh pengunjung.

Wisatawan yang masuk ke dalam goa tentunya akan menemukan berbagai spot menarik sebagai latar belakang foto. Bekas guratan yang dihasilkan dari eskavator membuat permukaan dinding menjadi lebih unik. Secara keseluruhan, Goa Pote merupakan lokasi yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Madura. Terutama bagi wisatawan yang sedang mencari spot foto estetik.

Baca Juga: Kebun Raya Bogor, Perpaduan Wisata Sejarah Hingga Mistis

3. Danau yang Jernih

Bagian tanah yang sudah dikeruk cukup dalam lama kelamaan mulai terisi dengan air hujan. Inilah awal mula munculnya danau di bukit Jaddhih yang keberadaanya justru memperindah pemandangan di lokasi tersebut. Keberadaan danau mulai dioptimalkan oleh warga setempat untuk membuat perahu dari bambu. Pengunjung yang ingin berkeliling bisa mencoba menaiki perahu tersebut.

Alamat Destinasi

Wisatawan bisa mengunjungi wisata bukit Jaddhih yang berada di Madura, Jawa Timur. Tepatnya di desa Jaddhih, Socah, kabupaten Bangkalan. Letak wisata kurang lebih berjarak 10 km ditempuh dari pusat kota Bangkalan. Apabila dari Surabaya, pengunjung bisa melewati jembatan Suramadu dan menempuh jarak sekitar 28 km. Bila tidak tahu arah, wisatawan bisa melihat rute pada Google Maps.

Kondisi jalan yang dilalui menuju lokasi wisata bukit Jaddhih cukup lancar, pengunjung bisa mengendarai sepeda motor atau mobil. Namun, saat hampir mendekati area wisata, jalanan yang ditempuh akan sedikit terjal. Hal ini disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak rata, sehingga pengendara harus berhati-hati saat menuju area bukit Jaddhih.

Harga Tiket Masuk Wisata

Jangan khawatirkan soal tiket masuk, sebab wisata bukit Jaddhih menetapkan harga tiket yang sangat terjangkau. Setiap pengunjung akan dikenakan tarif Rp5 ribu untuk menikmati seluruh area destinasi. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5 ribu dan Rp10 ribu untuk kendaraan roda 4. Harga tiket tersebut tentunya sangat murah dan tidak membuat kantong terkuras.

Dengan biaya tiket masuk yang terjangkau, pengunjung bisa mengajak keluarga berwisata di tempat yang menarik. Perlu diperhatikan bahwa harga tiket wisata bukit Jaddhih dan biaya parkir sewaktu-waktu bisa berubah. Setidaknya saat berkunjung ke tempat wisata ini pengunjung menyiapkan uang lebih untuk antisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi kenaikan harga.

Tips Berwisata di Bukit Jaddhih

Persiapan yang tepat akan membuat momen liburan terasa lebih berkesan tanpa bingung memikirkan aktivitas apa yang akan dilakukan nanti. Itulah sebabnya, liburan ke bukit Jaddhih juga perlu dipersiapkan dengan baik. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan agar suasana liburan terasa lebih menyenangkan saat mengunjungi objek wisata alam:

1. Pilih Waktu Pagi Hari

Objek wisata bukit Jaddhih ini dibuka mulai pagi jam 07.00 sampai 18.00 WIB. Saat wisatawan mendatangi bukit Jaddhih pada pagi hari, maka pemandangan fajar akan sangat menonjol. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari destinasi tersebut. Di samping itu, bila datang pada gai hari pengunjung bisa berkeliling di area wisata tanpa khawatir terik matahari yang menyengat.

Pemandangan alam dengan langit berawan merupakan salah satu spot menakjubkan untuk mengabadikan momen. Tentunya momen seperti ini tidak akan ditemukan bila wisatawan datang pada sore hari. Sebelum memasuki jam 16.00 WIB, sebaiknya pengunjung segera meninggalkan area tersebut untuk menghindari adanya kejahatan di malam hari.

2. Persiapkan Outfit Terbaik

Sudah pasti aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan ketika mengunjungi destinasi bernuansa alam yaitu selfie. Sebab, wisata bukit Jaddhih menyimpan banyak spot instagenic yang sayang untuk dilewatkan. Untuk itulah, pengunjung perlu menyiapkan outfit terbaik sebagai persiapan menuju wisata alam tersebut. Jangan lupa untuk membawa kamera atau gunakan kamera smartphone.

3. Eksplor Wahana yang Tersedia

Tidak hanya dapat berselfie, begitu masuk ke tempat wisata pengunjung berkesempatan untuk mengeksplor seluruh wahana di dalamnya. Misalnya kolam renang Goa Potte yang terletak di sebelah utara, yang mana dikelilingi oleh bukit. Kolam ini berasal dari galian tambang yang menghasilkan mata air alami. Karena direnovasi dengan baik, maka pengunjung bisa menikmati kolam renang tersebut dengan nyaman.

Untuk tempat bersantai, ada banyak gazebo yang sudah disediakan untuk pengunjung. Apabila tertarik untuk mengeksplor keindahan destinasi secara menyeluruh, wisatawan bisa mencoba menyewa perahu atau mencoba camping ground. Selain itu, ada banyak permainan menarik yang akan membuat pengunjung betah liburan di bukit Jaddhih.

4. Tetap Jaga Kebersihan

Agar keindahan dari wisata alam ini tetap bisa dinikmati bersama, pengunjung dihimbau untuk tetap menjaga kebersihan. Apabila membawa bekal atau makanan ringan, hindari membuang kemasan sembarangan. Akan lebih baik bila pengunjung membawa kantong khusus sebagai tempat untuk menampung sampah. Sehingga kemasan makanan tidak merusak area wisata.

5. Sediakan Masker dari Rumah

Seperti yang telah diketahui, bukit Jaddhih merupakan lokasi pertambangan batu kapur. Sehingga apabila banyak pengunjung yang melintas, maka akan lebih banyak polusi disebabkan oleh debu. Agar momen wisata dapat berlangsung dengan nyaman, pengunjung disarankan untuk membawa masker dari rumah. Sehingga dapat menjaga diri dari polusi saat berada di area wisata.

Itulah informasi seputar wisata bukit Jaddhih yang wajib dimasukkan dalam daftar list liburan tahun ini. Selain tiket masuk yang murah, pengunjung akan dimanjakan dengan nuansa keindahan alam yang eksotik dan instagenic. Pilihlah waktu liburan yang tepat bersama keluarga, supaya bisa menikmati keindahan alam tersebut tanpa mengganggu rutinitas pekerjaan.

Layanan Kami:

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.