Wisata Malam di Batu Malang – Selain Surabaya, kota yang paling sering dikunjungi di Jawa Timur adalah Kota Batu, Malang. Wisatanya yang berkembang, serta udaranya yang sejuk sangat membuat banyak orang ingin mendatanginya. Tidak hanya siang hari, wisata malam di Batu pun ramai dikunjungi.

Kini, berwisata tidak hanya dilakukan saat siang hari. Saat malam hari pun, wisata dapat dilakukan. Bagi yang memiliki banyak kegiatan saat pagi sampai sore hari, wisata malam bisa menjadi alternatif. Apalagi jika berwisata ke Batu Malang, wisata malamnya patut dicoba!

Menariknya Wisata Malam

Bagi sebagian orang, melakukan perjalanan wisata di siang hari tidaklah memungkinkan. Misalnya, dengan aktifitas yang padat ataupun tidak menyukai terik matahari di siang hari. Oleh karena itu, wisata malam dapat dijadikan pilihan jika tetap ingin berwisata. Wisata malam hari sangatlah menarik dilakukan karena memiliki keunggulan yang dapat dirangkum sebagai berikut:

Cuaca yang cenderung sejuk. Berwisata memang lebih menyenangkan jika dinikmati saat cuaca bersahabat. Jika cuaca di siang hari sangat terik, maka berwisata di malam hari dapat menjadi pilihan karena cuaca yang cenderung sejuk. Melakukan wisata malam di Batu, misalnya sengaja dipilih untuk merasakan dinginnya udara sekaligus menikmati keindahan Kota Batu di malam hari.

Menghindari macet. Tujuan berwisata, salah satunya adalah untuk menyegarkan pikiran. Oleh karena itu, perlu waktu yang tepat memilih kapan waktu untuk berwisata, khususnya jika ingin menikmati kota. Wisata malam dapat menjadi pilihan yang tepat karena saat malam hari, lalu lintas cenderung lenggang. Selain dapat mempersingkat waktu perjalanan, juga dapat lebih santai saat berwisata.

Waktunya anak-anak tidur. Sebagai orang tua, ada kalanya menginginkan berwisata tanpa anak-anak. Saat malam hari, dianggap cocok bagi orang tua yang ingin mencuri waktu berjalan-jalan dengan pasangannya. Mintalah orang lain untuk sesaat menjaga anak-anak saat tidur, dan lakukanlah wisata malam hari.

Baca Juga :
Tempat Wisata Jawa Timur
Air Terjun di Batu Malang

Destinasi Wisata Malam di Batu Malang

Kota Batu memiliki sejuta pesona dengan panorama alam yang sangat indah. Banyak tempat bagus untuk dikunjungi, mulai dari situs sejarah sampai dengan taman hiburan. Tempat tersebut tentunya memiliki sudut pandang yang berbeda jika dikunjungi saat malam hari. Berikut adalah destinasi wisata terbaik di Batu Malang yang dapat dinikmati di malam hari:

Batu Night Spectacular (BNS)

Wisata Malam di Batu Malang - Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular atau disingkat BNS adalah tempat wisata yang hanya buka di malam hari, mulai pukul 15.00 WIB – 24.00 WIB. Harga tiket BNS dijual mulai Rp40.000. Jika ingin membeli tiket terusan, tiket dijual dengan harga Rp120.000. Dengan membeli tiket terusan berarti, pembeli membeli tiket masuk sekaligus membeli tiket untuk menikmati semua wahana.

Wahana yang terdapat di BNS sangat beragam, yakni: Spectacular Show, parade laser show, lampion garden, Trick Eye Gallery, Sepeda Udara, dan wahana seru lainnya. Fasilitas yang dimiliki juga cukup lengkap, dengan dilengkapi night market untuk mencari souvenir dan terdapat food court.

Alun-alun Batu Malang

Wisata Malam di Batu Malang - Alun-alun Batu

Memasuki kawasan alun-alun Batu Malang, semua fasilitasnya dapat dinikmati secara cuma-cuma. Cocok jika ingin menikmati wisata malam di Batu yang murah meriah namun menghasilkan kenangan yang mengesankan. Tempat ini ramai dikunjungi saat malam hari, tidak hanya oleh pasangan muda mudi tetapi juga orang tua yang membawa anak-anaknya.

Alun-alun Batu Malang memiliki banyak hiburan, yakni bianglala yang hanya bisa dinikmati dengan membayar tiket Rp3.000. Air mancur, tugu buah apel sebagai ikon kota Malang, dan lampion hewan juga menjadi objek yang bagus untuk diabadikan. Banyak juga penjual beragam kuliner Batu Malang, seperti ketan legenda, susu segar, sate kelinci, dan lain sebagainya.

Malang Night Paradise

Wisata Malam di Batu - Malang Night Paradise

Malang Night Paradise atau MNP adalah pengembangan dari Hawai Waterpark. Disiang hari, lokasi ini bernama Hawai Waterpark, namun dimalam hari berubah nama menjadi Malang Night Paradise. Konsep wisata yang diusung yakni taman lampion yang interaktif dan dikemas dengan sangat apik.

Tempat wisata Malang Night Paradise memiliki beragam wahana, yaitu dancing fountain, taman lampion, taman dinosaurus, taman magic journey, dan wahana Twister dan Robotic. Jam operasional wisata ini dimulai pukul 18.00 WIB – 23.00 WIB. Harga tiket untuk weekdays adalah Rp30.000 dan Rp40.000 untuk weekend.

Omah Kayu Paralayang

Wisatda Malam di Batu Malang - Omah Kayu

Jika ingin ke Omah Kayu Paralayang, membutuhkan waktu 1 jam atau berjarak sekitar 30km dari pusat Kota Malang. Lokasi wisata ini terdapat di objek wisata Gunung Banyak, Kecamatan Pujon. Wilayah ini memang terkenal dengan lokasi wisata khusus paradigling atau paralayang di Batu Malang.

Sesuai namanya, Omah Kayu Paralayang berarti rumah kayu yang dibangun di atas pohon. Semua bangunannya menggunakan kayu, termasuk kerangka bangunan. Jika ingin melakukan wisata malam di Batu, salah satunya dapat bermalam di sini, dengan harga sewa penginapannya mulai harga Rp400.000/orang. Namun, jika hanya mengunjungi wisatanya hanya merogoh kocek Rp15.000/orang.

Pasar Apung Nusantara

Wisata Malam - Pasar Apung Malang

Pasar Apung Nusantara dan Museum Angkut sama-sama berada dalam lokasi yang sama. Sesuai namanya, wisata ini mengusung konsep pasar apung, yakni berjualan di atas sungai menggunakan perahu. Berbagai jenis makanan dapat ditemui dijual oleh pedagang yang menjajakannya di atas perahu.

Pengunjung juga dapat merasakan pengalaman pasar apung dengan menggunakan perahu untuk berkeliling pasar. Cukup membayar Rp10.000/orang, pengunjung dapat menyusuri sungai sambil menikmati kuliner yang dijual. Jika tidak menyukainya, di sini juga terdapat pondok nusantara, yang tidak hanya menjual kuliner tetapi juga pernak-pernak yang bisa dibawa untuk buah tangan.

Pasar Parkiran

Wisata Malam di Batu - Pasar Parkiran

Salah satu wisata malam di Batu yang menarik dikunjungi adalah pasar parkiran. Sesuai dengan namanya, yakni pasar parkiran karena saat siang hari, lokasi wisata ini adalah area parkir. Namun, dimalam hari berubah menjadi pusat wisata kuliner dan wahana bermain. Tiket masuknya gratis, namun jika ingin menikmati wahananya, dijual mulai harga Rp12.000.

Wisata ini dibuka mulai pukul 15.00 WIB – 24.00 WIB, sangat cocok dijadikan pilihan wisata di malam hari. Wahana yang ada di pasar parkiran juga beragam, yakni 3D art trick, rumah kaca, dan komidi putar. Banyak juga kuliner yang dapat dinikmati serta diiringi dengan live music yang menambah keseruan berwisata malam.

Jatim Park – Wisata Keluarga Seru di Malang

Wisata Payung

Wisata Payung - Wisata Malam di Batu

Jika ingin menikmati dinginnya Kota Batu, Malang wisata payung merupakan destinasi yang tepat. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di dataran tinggi Batu yang menyebabkan udara sangatlah dingin. Pedagang di wisata batu banyak menyajikan makanan dan minuman hangat, seperti wedhang jahe, roti bakar, jagung bakar, dan bakso Malang.

Wisata payung tidak hanya cocok untuk pecinta kuliner, di sini pengunjung dapat menikmati Kota Batu Malang dari atas. Lampu kota yang bergemerlap dan sangat indah dapat dinikmati dari sini. Jika ingin mengunjungi wisata payung, dianjurkan untuk memakai pakaian tebal mengingat udaranya yang pasti akan sangat dingin.

Berwisata di malam hari sangatlah menarik dilakukan karena memiliki kesan dan pengalaman berbeda dibandingkan berwisata di siang hari. Wisata malam di Batu, misalnya menyuguhkan banyak pilihan wahana maupun kuliner untuk dinikmati. Silahkan memilih destinasi wisata tersebut sesuai dengan ketertarikan konsep yang ditawarkan.

Baca Juga Layanan Sewa Mobil di Malang dari Indolora. Atau Transportasi Travel Juanda Malang, serta Paket Wisata Bromo.
– Selamat Membaca –

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *