Wisata Sejarah di Malang – Museum, dalam sejenan di bayangan kita, pasti identik dengan tempat yang di penuhi “peninggalan” di masa lalu, yang terkesan kuno. Namun tidak dengan museum di Malang yang akan kami ulas.

mengapa museun? Meskipun wisata sejarah di malang memang banyak sekali yang bisa dikunjungi. Dari mulai candi, monumen, tugu, hingga museum. Di Malang ada beberapa museum yang bisa dijadikan destinasi sembari belajar sejarah. Bila ingin tahu museum apa saja yang menarik untuk dikunjungi di Malang, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini

Baca Juga :
Wisata Malam di Batu Malang
Tempat Wisata Populer di Jawa Timur

Museum Sejarah Bentoel

Museum Sejarah Bentoel - Wisata Sejarah di Malang

Semua pasti tidak asing dengan salah satu merek rokok, yaitu bentoel. Dulunya rokok dengan merek ini pernah jadi yang paling popular di kalangan masyarakat. Siapa sangka rokok ini nyatanya berasal dari Malang. Jika ingin mengunjungi museum ini, letaknya ada di Jalan Wiromargo No. 32 Malang.

Sebagai informasi, rokok Bentoel dulunya didirikan oleh Ong Hok Liong. Bila berkunjung ke museum ini, pengunjung akan langsung disuguhi dengan patung pendirinya yang dibuat dari perunggu. Museum ini cukup luas, karena dibangun di atas lahan seluas 400 meter persegi.

Museum Brawijaya

Bila mencari wisata sejarah di Malang kunjungi saja museum Brawijaya yang ada di Jalan Ijen No. 25 A, Klojen Malang. Masuk area museum ini, pengunjung diajak untuk tenggelam dalam sejarah kota Malang. Tentu saja dulu saat masa penjajahan. Dalam museum dipajang beberapa alat perang seperti tank, dan macam-macam senjata.

Museum Brawijaya Malang

Tidak sedikit pengunjung yang punya cerita mistis setelah mengunjungi museum tersebut. Misalnya mereka yang berfoto sendiri namun saat hasilnya diambil nyatanya mereka ditemani sosok tidak diundang, dan lain-lain. Namun jangan khawatir, bila berkunjung memang berniat baik dijamin tidak niscaya tidak akan ada hal buruk terjadi.

Museum Satwa

Museum Satwa Batu Malang

Bagi yang suka dengan hewan-hewan, atau yang sedang ingin mengenalkan anak-anak pada dunia hewan pergi saja ke museum ini. Museum satwa sebetulnya masih berada dalam kawasan Jatim Park 2 Batu. Di dalamnya banyak sekali koleksi satwa yang diawetkan. Termasuk fosil-fosil hewan purba ang cukup langka.

Baca Juga :
Jatim Park – Wisata Keluarga Paling Seru di Jawa Timur
Wisata Air Terjun di Batu Malang

Museum Musik Indonesia

Wisata Sejarah di Malang - Museum Musik Indonesia

Nah, terutama bagi yang suka musik wajib untuk mengunjungi museum ini. Museum yang beralamatkan di jalan Nusakambangan No 19 Klojen malang ini diresmikan tahun 2013 lalu. Museum ini punya banyak sekali koleksi yang berhubungan dengan musik. Mulai dari CD, DVD, kaset, hingga piringan hitam yang hitz jaman dulu.

Museum Mpu Purwa

Museum Mpu Purwa Malang

Sebenarnya, museum ini punya nama lain yaitu Balai Penyelamatan Benda Purbakala “Mpu Purwa”. Jika ingin berkunjung, tempat tersebut ada di jalan soekarno Hatta no 210 Malang. Pengunjung yang berniat belajar mempelajari perkembangan kota Malang, disinilah tempat yang tepat.

Di dalamnya pengunjung akan diajak untuk bernostalgia bagaimana Malang mulai abad ke 8 masehi hingga tahun 1950 an. Termasuk sejarah tentang kerajaan apa saja yang dulunya pernah ada di Malang.

Museum Omah Munir

Wisata Sejarah di Malang - Museum Omah Munir

Pasti sudah familiar dengan nama Munir kan?, salah satu tokoh HAM yang meninggal dunia beberapa saat lalu. Museum ini punya keunikan yang beda dengan museum yang lain. Omah Munir tidak mengkoleksi benda sejarah namun menyajikan informasi seputar pelanggaran HAM di Indonesia.

Museum ini letaknya ada di jalan Bukit Bunga, kota Batu Malang. Salah satu koleksi museum ini adalah gambar gravity aktivis yang hilang tanpa sebab. Diantaranya Petrus Bima, Thukul, dan beberapa orang lainnya.

Museum Angkut

Museum Angkut - Wisata Sejarah di Malang

Terakhir wisata sejarah di Malang yang berupa museum adalah museum angkut. Museum yang didirikan tahun 2014 lalu ini, mengoleksi banyak sekali kendaraan dari banyak negara di dunia. Uniknya, kendaraan yang dipajang di museum ini rata-rata adalah model jadul.

Jika ingin mengunjungi museum ini datang saja ke jalan Terusan Sultan Agung No. 2 Batu Malang.

Itulah beberapa museum yang bisa menjadi pilihan wisata sejarah di malang. Berkunjung ke Malang, sayang sekali jika hanya menghabiskan waktu dengan kulineran atau main wahana saja. Sesekali belajar sejarah dengan masuk museum juga tidak ada salahnya. Ke tujuh tempat diatas bisa menjadi rekomendasi.

Layanan Indolora:
Travel Juanda Malang
Sewa Mobil Malang

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *